AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Apakah Kenaikan Biaya BPKB dan STNK Berpengaruh dengan Penjualan Mobil Bekas?

BPKB merupakan singkatan dari Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor, sedangkan STNK singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Kedua hal tersebut sangatlah penting bagi setiap orang yang memiliki kendaraan Bermotor dan menjadi syarat wajib. Apabila mempunyai kendaraan baik Mobil ataupun Motor, namun tidak memiliki keduanya maka bisa saja dianggap sebagai kendaraan curian.

Biaya pengurusan BPKB dan STNK sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan dinaikkan mulai 6 Januari 2016. Kenaikan biaya pengurusan surat-surat kendaraan tersebut bahkan mencapai lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya.

Melihat akan rencana tersebut, maka Herijanto Kosasih selakuk Manager Senior Sentra Mobil Bekas WTC Mangga Dua mengatakan, bahwasanya dirinya meyakini kenaikan biaya pengurusan tersebut tiakan mempengaruhi penjualan Mobil bekas. Minat dari para konsumen tidak akan ditangguhkan hanya karena ada kenaikan biaya tersebut.

“Kenaikan pajak tersebut enggak ada masalah. Enggak akan ganggu penjualan juga karena biasanya mobil bekas itu kan beli lepas,” jelas Herijanto saat dihubungi Okezone, Rabu (4/1/2017).

Menurut dirinya, bahwa pengurusan surat-surat kendaraan bekas yang dibeli oleh para konsumen biasnya untuk urusan tersebut dilakukan sendiri oleh para pembeli. Jadi dengan adanya kenaikan biaya pengurusan STNK dan BPKB tidak akan berpengaruh dengan penjualan Mobkas dan mokas.

“Biasanya setelah beli, periksa surat-surat lengkap, baru oke. Konsumen selama (surat-surat) masih bisa perpanjang, dia masih pakai (nama pemilik) sebelumnya. Ada yang beli terus langsung ganti,” ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, bahwasanya untuk biaya penerbitan/ pengurusan STNK untuk roda empat biayanya dari Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu. Sedangkan untuk penertiban BPKB dan ganti kepemilikan (mutasi) kendaraan roda empat yang sebelumnya Rp100 ribu menjadi Rp375 ribu. Baca juga: Harga BBM Mengalami Kenaikan, Ini Daftarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com