AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Bahan Bakar yang Cocok Untuk Mobil LCGC Ramah Lingkungan

Mobil LCGC merupakan Mobil ramah lingkungan yang sedang digemari masyarakat di Indonesia khususnya. Dengan dibandrol harga yang terjangkau, dan terbilang murah karena regulasi pemerintah. Akan tetapi dari pihak pemerintah juga ada batasan masalah penggunaan bahan bakar. Yang dimana untuk segmen Mobil LCGC harus menggunakan BBM minimal RON 92.

Namun bagaimana jika misalnya bahan bakar yang dipakai adalah bbm campuran? Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mengatakan bahwa semua itu tergantung pada jenis dan komposisi campurannya.

bahan bakar untuk mobil lcgc

Bahan Bakar yang Cocok Untuk Mobil LCGC

“Kalau mengikuti regulasi ‘kan pakai RON 92, tapi kalau secara teknis, kalau bensinnya dicampur ruang bakar bisa kotor. Tapi tidak masalah karena campur-campur itu kan tidak terus-terusan, dan tidak bisa dipastikan komposisi campurannya,” ujar Anjar di Technical Training Center PT ADM, Sunter, Jakarta, Kamis (24/11) kemarin.

Hanya informasi bahwa bahan bakar yang mempunyai oktan lebih tinggi dapat menjadikan Mobil lebih bersih dan responsive. selain itu pada emisi gas buangnya juga rendah.

Selain itu bahan bakar RON92 ke atas juga terdapat kandungan aditif yang sangat berguna untuk melakukan pembersihan kerak yang berada di ruang bakar. Sementara untuk bahan bakar yang mempunyai aditif lebih rendah seperti RON88 malahan bisa menyisakan kerak apabila pemakaiannya dilakukan terus menerus.

“Kalau pakai campuran dan oktannya lebih tinggi, maka performanya bisa lebih enteng, tarikannya juga enak,” tambah Anjar. Hal sebaliknya, jika justru kandungan oktan jadi rendah, maka performa mobil bisa berkurang.

Hal ini pasti telah disadari, bahwa pabrikan Mobil yang memproduksi LCGC seperti Daihatsu,Toyota dan Datsun. ketiga produsen tersebut pastinya tidak akan mampu untuk mengontrol bahan bakar yang akan dipakai. Namun dari pihak produsen hanya merekomendasikan jenis bahan bakar yang cocok untuk Mobil LCGC yang tertulis di buku manual.

Simak juga:

Toyota Calya

Daihatsu Sigra

Demikianlah informasi tentang bahan bakar yang cocok untuk Mobil LCGC. Jadi untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal, tentu harus mematuhi apa yang telah disarankan oleh pihak pembuat Mobil tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa  baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com