AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Bahaya dan Keunggulan Busi Iridium wajib Tahu

Kali ini akan membahas tentang keunggulan busi iridium. Banyak yang bilang menggunakan busi iridium mampu untuk mendongkrak performa Motor disbanding dengan menggunakan busi bawaan pabrikan. Untuk harga busi iridium bervariasi tergantung toko yang menjualnya, akan tetapi biasanya dikisaran 100 ribuan. Sedangkan mereknya juga beragam seperti NGK dan senso.

Busi iridium merupakan elemen logam yang sangat keras dan anti korosi serta tahan panas. Selain itu busi tipe iridium memiliki bahan elektroda material yang mempunyai titik didih yang tinggi yakni kisaran 2500 derajat celcius. Dengan kekuatan tersebut, maka busi iridium banyak dipilih oleh produsen. Selain itu pembakaran 1 titik menjadi lebih focus serta dipercaya mampu melayani mesin racing yang membutuhkan percikan api lebih tinggi.

Keunggulan Busi Iridium

Keunggulan busi iridium

  1. Berikut ini merupakan kelebihan busi iridium yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan saat inginmenggantinya.
  2. Busi iridium sangat tahan panas, selain itu mempunyai bahan elektroda yang lebih kecil disbanding busi standar.
  3. Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter
  4. Pembakaran yang dihasilkan lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)
  5. Meningkatkan respon gas saat di geber maupun slow
  6. Mampu meningkatkan keiritan saat menggunakan motor tersebut, apabila anda mengendarai motor dengan mengeber gas motor tentunya akan boros tapi beda halnya jika anda mengendarai motor dengan stabil normal untuk tarikan tuas gasnya. Misalnya laju jalannya standard di angkat 40 terus, atau 60 terus.
  7. Busi iridium diklaim lebih awet, dari beberapa penelitian busi iridium mempunyai tingkat keawetan 10 x disbanding busi standar.
  8. Busi iridium dipercaya mampu untuk meningkatkan tenaga mesin hingga 1 sampai 3 persen. Sebenranya 3% itu pengaruhnya tidak terlalu tinggi.
  9. Meningkatkan kualitas emisi gas buang atau bisa dibilang lebih ramah lingkungan

Bahaya menggunakan busi iridium

Sebenarnya menggunakan busi iridium tidak masalah, akan tetapi harus dilakukan penyetingan ulang. Karena busi iridium memiliki sifat yang berdampak panas, maka jangan memasang apabila masih standar. Karena dapat mempengaruhi durability mesin untuk jangka panjang. Walau bagaimanapun, jika mesin standar pada Motor tentunya lebih cocok menggunakan busi standar bawaan pabrikan. Hal tersebut juga bisa memberikan efek Motor lebih awet.

Baca juga:

Cara mengatasi busi mati di tengah jalan

Perbedaan Busi Asli dan palsu Yang Harus Diwaspadai

Demikianlah informasi tentang keunggulan busi iridium yang perlu diketahui, agar dapat mempertimbangkan bila akan menggunakannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com