AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Inilah Bahaya Sinar UltraViolet Bagi Pengendara Mobil

Kabar terbaru yang telah beredar, bahwasanya telah dilakukan riset baru yang ditemukan bahwasanya kaca mobil masih bisa ditembus oleh sinar UV (Ultraviolet). Hal tersebut menjadikan sang pengemudi bisa berpotensi terkena penyakit mata dan kulit.

“Bahkan mobil standar pabrik, tidak ada jaminan bisa melindungi terhadap sinar UV,” ujar Dr. Brian Boxer Wachler, peneliti dari Boxer Wachler Vision Institute, Beverly Hill, California Amerika Serikat (AS), dikutip dari Reuters Health.

Inilah Bahaya Sinar UltraViolet Bagi Pengendara Mobil

Penting untuk diketahui, bahwasanya sinar UV merupakan bagian kecil daripada sinar matahari. Akan tetapi walaupun kecil akibatnya justru yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit manusia. Sinar tersebut mampu untuk menembus lapisan kulit paling dalam apalagi hanya sebatas kaca dan awan pastinya juga sangat mudah untuk ditembus sinar UV.

Riset tersebut menunjukkan bahwa sangat rentan kaca samping mobil terhadap sinar UV yang berbahaya. Pada 2014 lalu misalnya, 29 mobil dari 15 produsen yang berbeda, yang diproduksi antara 1990 hingga 2014, diuji.Hasilnya, persentase kaca samping bisa memblokir sinar UV bervariasi antara 44 persen hingga 96 persen. Tapi, hanya ada empat kendaraan yang kaca sampingnya mampu menghalau sinar UV hingga 90 persen.

Simak juga: Pengertian kode mesin Mobil Honda

Untuk masalah harganya tidak tersangkut dengan kualitas kaca samping, maksudnya adalah semakin mahal harga mobil bukan berarti semakin bagus kaca samping mobil. “Tidak ada korelasi sama sekali dengan biaya (pembelian) mobil,” ujar Boxer.

Tidak hanya kulit saja, tetapi pada bagian mata juga bisa mendapatkan pengaruh buruk dari sinar ultraviolet. Lalu Apa yang harus dilakukan supaya terhindar dari Sinar Ultraviolet?

Lihat juga: Spesifikasi Mesin Terbaru Honda Freed 2017 dengan tenaga turbo

Adapun langkah yang harus dilakukan untuk menghindari bahaya dari sinar UV adalah dengan menggunakan lengan panjang atau dengan tabir surya. Sedangkan untuk bagian mata sebaiknya menggunakan kaca mata yang mampu menghalangi sinar UV A dan UV B agar tidal langsung terkena bagian vital tersebut.

“Mereka juga bisa memasang filter UV ke jendela mobil untuk melindungi diri dari sinar matahari yang masuk,” tutup Boxer.

Itulah ulasan tentang bahaya sinar ultraviolet bagi pengendara mobil, jadi selalu berwaspadalah demi menjaga kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com