AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Melepas Aki Mobil Di Rumah Yang Benar

Melepas aki mobil merupakan hal yang mudah dan sepele, akan tetapi bila tidak dilukan dengan benar maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan yang lain. Biasanya seseorang melepas Aki karena ingin menggantinya yang baru serta harus membawanya ke bengkelkarena tidak bisa melakukannya sendiri di rumah. Akan tetapi mungkin bila anda mengetahui cara melepas aki mobil yang benar pastinya lebih nyaman dilepas sendiri di rumah tanpa harus kesana kemari. Berikut langkahnya:

Cara Melepas Aki Mobil Di Rumah Yang Benar

Cara melepas aki atau batteray mobil yang Baik

Pastikan terlebih dahulu posisi kunci kontak pada posisi “OFF” karena jika tidak, sewaktu melepas bisa menimbulkan percikan bunga api.

  • Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.
  • Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.
  • Saat penggantian aki yang baru, perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan yang lawas. Jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan terutama yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik.
  • Pada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik, ketika melepas bateray harus mereset ECU. Jika tidak beberapa komponen akan ngaco dan ditunjukan dengan indikator lampu yang menyala. Jadi selalu perhatikan tiap langkah cara melepas aki mobil yang benar.
Simak juga: Ingin aki Motor anda awet maka stabilkan pengisian  dan All New Toyota Vios Hadir Bulan Depan Di Auto Expo 2016

Bagaimana? mudah kan cara melepas aki mobil di rumah. Tapi ingat sarat utamanya adalah keberanian dan mencoba, apabila kurang paham bisa Tanya sama ahlinya. Demikian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com