AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Melewati Tikungan Untuk Pengendara Sepeda Motor

Cara Melewati Tikungan Supaya Aman – Sepeda Motor merupakan kendaraan yang telah umum dikalangan Masyarakat Indonesia, baik itu yang tinggal di wilayah Pedesaan ataupun perkotaan. Akan tetapi tidak sedikit pengemudi yang hanya asal bisa berkendara saja, tanpa mengetahui tata cara mengemudi yang benar terutama di belokan.

 Pada saat melintasi tikungan, hal yang sanagt perlu diperhatikan adalah sistem pengeremannya. Maksudnya ketika akan memasuki tikungan diharuskan untuk mengetahui posisi yang benar seperti di tengah jalan atau samping kiri dan kanan. Selain itu, yang juga perlu menjadi perhatian adalah rem mana yang harus dioperasikan, apakah rem depan ataubelakang, ataukah kedua-duanya?

Cara Melewati Tikungan

Oleh sebab itu bagi Anda yang masih belum lihai dalam melewati tikungan, sangat tepat membaca artikel kali ini.

Cara Melewati Tikungan bagi Pengendara Motor

1. Posisi Yang Benar

Pada saat menjumpai belokan diharuskan waspada terhadap pengendara lain dari arah berlawanan. Saat jalanan sepi Anda bisa mengambil posisi agak ke kanan bila posisi menikung kekiri dan agak ke kanan bila posisi menikung ke kanan. Namun perlu diperhatikan, bahwasanya jangan sampai melewati marka tengah yang biasanya ditunjukkan dengan cat berwarna putih. Hal ini bertujuan supaya ketika melakukan belokan tidak akan memakan jalan pengendara lain dari arah berlawanan.

Akan tetapi bila saat menemui tikungan suasana jalan agak ramai, maka jangan terlalu ke tengah jalan. Akan tetapi posisinya cukup berada di wilayah jalan yang Anda lewati dengan mengurangi kecepatan agar tidak kebablasan lurus kedepan.

2. Rem yang digunakan

Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Saat terlihat di depan terdapat tikungan, Anda bisa melakukan pengereman dengan kedua rem pada motor Anda. namun jika telah melewati belokan sebaiknya hanya menggunakan rem belakang, hal tersebut bertujuan agar ban depan tidak tergelincir dan menyebabkan kecelakaan.

Banyak sekali kasus yang terjadi saat melewati tikungan, yakni ban depan tergelincir. Ditambah lagi apabila jalanannya licin habis terkena air hujan, tehnik menggunakan rem belakang saja saat berada di tikungan sangat perlu dilakukan.

Kesimpulan

Perhatikan kondisi jalan di tikungan dan ambilah posisi yang benar dan gunakanlah rem yang benar agar tidak terjadi kecelakaan.

Baca juga: Tips Mudah Agar Motor Matic irit Bahan Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com