AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Membaca Kode Ban Mobil Dan Motor

Cara membaca kode pada ban – Angka yang terletak pada ban sepeda motor atau mobil memiliki makana tersendiri. Mulai dari lebar, diameter, tipe semuanya tertera pada kode yang ada pada ban kendaraan bermotor. Akan tetapi kebanyakan orang tidak mengerti atau mengetahui bahkan tidak mau tahu tentang bagaimana cara membaca kode ban tersebut. Jadi manfaat dapat membaca kode ban adalah menambah wawasan pada kita serta bisa mengetahui ukuran yang pas dan sobat inginkan pada kendaraan sobat. Berikut caranya:

Simak juga: Ban untuk musim hujan

Cara Membaca Kode Ban Mobil Dan Motor

Cara Membaca Kode Ban sepeda Motor Dengan Mudah

Spesifikasi ban kendaraan bermotor terletak pada kode atau angka yang tertera pada ban contohnya saja 120/70-17 67H, Cara membacanya sebagai berikut:

  • Angka 120 menunjukkan lebar ban tersebut 120 mm
  • Angka 70 menunjukkan perbandingan tinggi ban terhadap lebar yang  yang ditunjukkan dengan presentase.  Jadi perhitungan pada kode diatas untuk mengetahui tinggi yakni 70%x120= 85,2 mm
  • Angka 17 pada ban menunjukkan diameter velg yang cocok untuk ban menggunakan satuan inc jadi velg yang cocok ukuran 17 inch.
  • Angka 67 pada ban menunjukkan indeks beban maksimum. Jadi jika sebuah ban memiliki indeks beban maksimum 67 maka ban tersebut mampu menahan beban sebesar 307 Kg.
  • H adalah kode yang menunjukan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S,Q,H,Z dll. Nah untuk kode H batas kecepatan maksimumnya adalah 210 Km/jam.

Cara Membaca Kode Ban Mobil

Tidak berbeda dengan motor, kode ban pada mobil juga menggunakan angka dan huruf. Contohnya P225/50 R 16 91 S Cara membacanya adalah:

Baca juga: membuat ban anti bocor

  • Kode P mempunyai arti passenger, jadi kode P pada ban mobil menunjukan ban tersebut untuk mobil penumpang. Ada juga kode lainya seperti LT yang berarti Light Truck.
  • Angka 225 adalah lebar dari telapak ban mobil dengan satuan mm.
  • Angka 50 adalah tinggi ban yang dihitung dari prosentase lebar ban.
  • Huruf R pada kode tersebut mempunyai arti Radial. Jika sebuah ban mempunyai kode D maka ban tersebut bertipe Diagonal Bias.
  • Angka 91 menunjukan load indeks (sama seperti pada ban motor)
  • Angka S adalah batas kecepatan maksimum (sama seperti pada ban sepeda motor)

Artkel lainnya: Ban tubles untuk velg berjari

Bisa dibilang membaca kode ban sepeda motor atau mobil caranya hamper sama. Selain kode tersebut juga ada kode lain seperti  AT(all terrain) yang berarti ban dapat digunakan untuk semua kondisi jalan, ada juga HT(highway terrain) yang berarti ban hanya digunakan khusus untuk jalan beraspal.

Itulah info tentang membaca kode ban mobil dan motor, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di autogaya.com .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com