AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor dengan langkah mudah

Cara Membersihkan Filter udara sepeda Motor dengan mudah – Filter udara adalah komponen Motor yang berfungsi menjadi penyaring udara yang masuk menuju karburator. Setelah udara masuk ke karbu maka akan terjadi pengkabutan bahan bakar yang terjadi dengan kondisi tercampurnya BBM dengan Udara yang masuk melalui saringan udara Motor. Perawatan yang dilakukan pada komponen ini tentunya akan menjadikan Motor tetap dalam kondisi maksimal dan dapat melaju kencang selayaknya cc yang terdapat pada sepeda Motor tersebut.

Perawatan yang dilakukan bisa dengan cara membersihkan filter udara Motor agar tetap dalam kondisi maksimal. Selain itu dengan melakukan hal tersebut maka saringan udara tidak akan terdapat debu atau kotoran yang menumpuk mengakibatkan masuknya udara kotor ke dalam karburator Motor. Untuk filter karburator yang menggunakan kertas, bisa melakukan pembersihan dengan cara menyemprot menggunakan angin bertekanan. Sedangkan untuk filter udara Motor yang menggunakan busa, bisa dilakukan dengan menggunakan solar untuk membersihkan penyaring udara Motor tersebut.

 cara membersihkan filter udara sepeda motor dengan langkah mudah

Pada saat melakukan servis Motor pastinya filter udara akan dibersihkan juga. Tapi perlu diingat, jangan meremehkan servis di bengkel. Ya tidak masalah jika bisa melakukannya sendiri di rumah, namun yang tidak bisa sebaiknya menyerahkannya pada bengkel ahli yang terpercaya. Untuk servis Motor sendiri harus dilakukan secara berkala, yakni jika telah menempuh jarak 15.000 km sampai 20.000 km. nah bagi Anda yang ingin membersihkan filter udara pada Motor Anda di rumah tanpa repot pergi ke bengkel bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Sebelum melakukan pembahasan tentang tutorial membersihkan saringan udara Motor, kita lihat dulu 3 jenis filter yang terdapat pada Motor yang perlu diketahui. Selain itu juga cara merawat filter udara dari masing-masing jenis.

Jenis Filter udara pada Motor

  1. Tipe Konvensional

Untuk filter udara Motor jenis ini menggunakan bahan busa, biasanya terdapat pada sepeda Motor keluaran terdahulu atau model lama. Sedangkan yang dimaksud tahun lama adalah Motor tahun keluaran sebelum 2005. Untuk perawatannya juga sangatlah mudah, yaitu dengan merendam atau menyiramnya menggunakan campuran air dan sabun. Setelah itu bisa dikeringkan menggunakan sinar matahari langsung atu jika menginginkan hal cepat bisa menyemprot dengan angin bertekanan tinggi. Agar filter udara Motor lebih maksimal, bisa melapisi oli dan ratakan guna menangkap kotoran. Selain itu, bila busanya mengeras dan pori-porinya mulai tidak rapat sebaiknya dilakukan pergantian.

  1. Tipe Filter Kertas (Kering)

Untuk filter udara jenis ini bahannya lebih tebal dan sering dibilang dengan nama filter dry element. Dengan penggunaan maerial bahan yang lebih tebal, maka efek positifnya adalah tidak mudah rusak ketika menyaring udara yang masuk. Sedangkan cara merawat filter udara tipe ini juga mudah, yakni dengan menyemprotkan udara yang bertekanan tinggi (dengan kompresor) dari arah berlawanan dengan arah masuknya udara. Disarankan ketika mengganti filter udara jenis ini setiap 8000 km.

  1. Tipe Filter Kertas (basah)

Nah untuk tipe ini pada umumnya berada pada Motor matic. Yang dimana tahun pembuatannya baru diluncurkan seperti di tahun 2014 yang banyak bermunculan Motor tipe matik. Yang perlu anda perhatikan bahan kertasnya secara kasat mata sama dengan filter kertas kering, tapi jika diraba, terasa ada lapisan pelumas khusus untuk menangkap kotoran. untuk tipe yang seperti  ini tidak boleh dicuci, dan jangan mencoba coba untuk di cuci, Sedangkan untuk membersihkan dan merawatnya cukup dengan dipukul-pukul ringan.

Nah setelah mengetahui jenis saringan udara pada Motor, kali ini dilanjutkan tentang cara membersihkan penyaring udara tersebut. Dengan melakukan pembersihan tentunya kinerja Motor akan tetap maksimal karena udara yang masuk ke karburator tetap dalam kondisi bersih.

Baca juga: Cara membersihkan karburator dengan carbu cleaner sendiri yang benar

Cara Membersihkan Filter udara sepeda Motor dengan mudah

  1. Buka Bodi yang menutupi filter udara sepeda Motor.
  2. Longgarkan mur dan baut yang mengunci karet filter udara.
  3. Lepaskan selang pernafasan mesin dengan melonggarkan klem yang menguncinya.
  4. Lepaskan.
  5. Setelah terlepas kemudian lepaskan 4 baut yang mengunci filter Motor, lihat gambar di bawah dengan tanda merah.
  6. Setelah terlepas bisa melepas filter dengan karburator.
  7. Lepaskan busa filter dan bersihkan baik busa maupun rumah filternya.
  8. Anda bisa merendam busa menggunakan solar dan kemudian diperas serta keringkan.
  9. Pasang kembali busa filter dan rakit kembali filter udara motornya seperti sedia kala.

cara membersihkan filter udara sepeda motor dengan langkah mudah

cara membersihkan filter udara sepeda motor dengan langkah mudah

Nb. Untuk melepas filternya harus sangat berhati-hati, congkel pelan-pelan supaya tidak rusak. Sebagai contoh di atas menggunakan saringan udara Megapro. Untuk Motor lain langkahnya sama hanya saja untuk Motor bebek biasanya melepasnya terlebih dahulu.

Demikianlah informasi tentang Cara Membersihkan Filter udara sepeda Motor dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com