Home / Motor / Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri dengan Mudah

Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri dengan Mudah

Cara membersihkan karburator Motor yang benar – Karburator merupakan komponen yang berfungsi untuk mengabutkan dan mencampur bahan bakar dengan udara yang diteruskan menuju ruang pembakaran. Namun semakin berkembangnya jamanyang tambah maju, karburator sudah jarang Motor yang menggunakan komponen tersebut. Sekarang banyak yang menggunakan teknologi EFI (Electrik Fuel Injection) atau bahan yang terkomputerisasi.

membersihkan karburator motor

Apabila kondisi karburator kotor atau kemasukan air, maka bisa menyebabkan Motor susah dihidupkan dan bisa menjadikan Motor tersendat-sendat. Oleh sebab itu, untuk Motor yang mash menggunakan sistem pengkabutan dengan karburator memang diperlukan perawatan secara berkala. Dengan merawat karburator supaya performa tetap terjaga dan mencegah kotoran masuk ke dalamnya yang bisa menyebabkan gangguan.

Perawatan karburator sebenarnya terbilang mudah, hanya perlu melakukan pembersihan saja secara berkala. Membersihkan karburator terdapat 2 cara, yaitu dengan cara manual dan menggunakan carb cleaner khusus untuk Motor.

Nah kali ini akan membahas cara manual membersihkan karburator. Dengan melihat tutorial di bawah ini Anda bisa melakukan perawatan karbu Motor sendiri di rumah dengan mudah. Selain itu juga lebih irit karena tidak harus membawa ke bengkal Motor.

Tips dan cara membersihkan karburator Motor dengan mudah

membersihkan karburator motor

Berikut ini cara servis karburator Motor sendiri dengan mudah mari kita simak:

  1. Untuk langkah pertama tentunya dengan melepaskan karburator dari dudukannya.
  2. Bukalah mangkuk karburator menggunakan obeng + pada umumnya.
  3. Bersihkan mangkuk karburator yang telah dilepas tadi.
  4. Lepaskan main jet dan pilot jet kemudian bersihkan dengan cara meniupnya dengan kencang, atau juga bisa menggunakan karburator dengan menyemprotnya.
  5. Lepas needle jet dan bersihkan bagian tersebut dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. Jangan lupa bersihkan juga badan karburator dan tiup bagian lubang-lubang pada moncong karburator agar tidak ada kotoran yang menyumbat aliran udara tersebut ,bisa juga menggunakan kompresor untuk mendapatkan tiupan yang kuat.
  6. Rakit kembali komponen karburator tersebut dan pasangkan kembali ke Motor.

Jadi intinya, membersihkan karburator bisa dilakukan dengan tangan sendiri, selain itu untuk pembersihannya harus menggunakan bensin jangan air sabun. Apabila karburator terawatt maka menghasilkan Motor yang nyaman serta awet dan hemat bbm.

Simak juga:

Perawatan Motor Untuk Harian Performa Tetap Maksimal

Cara Sederhana Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Demikianlah informasi tentang cara membersihkan karburator Motor sendiri dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar Mobil dan Motor.