AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Membersihkan Rantai Motor dengan Mudah

Rantai Motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Adapun fungsi rantai motor adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang. Akan tetapi posisinya sangat terbuka, sehingga tidak menutup kemungkinan rantai motor mudah terkena kotoran. Lantas bagaimana cara membersihkan rantai motor dari kotoran?

Adanya kotoran yang menempel pada rantai tidak bisa disepelekan, karena lama kelamaan bisa merusak komponen penyalur tenaga tersebut. Selain itu, kinerja rantai yang tidak maksimal sangat berpengaruh terhadap performa dari sepeda motor. Oleh sebb itulah rantai motor perlu dilakukan pembersihan secara berkala dan juga terpelumasi dengan baik. Adapun langkah pembersihan rantai sangat mudah, berikut caranya:

Cara Membersihkan Rantai Motor dengan Mudah

Cara membersihkan Rantai Motor dengan mudah

Bersihkan rantai pada motor, yakni dengan menyemprotkan penetran ke seluruh bagian rantai. Cairan ini memiliki fungsi sebagai peluntur sisa-sisa pelumas berikut kotoran yang menempel. Apabila di daerah anda sulit untuk mendapatkan penetran, maka bisa diganti minyak tanah atau solar sebagai peluntur kotoran.

Bersihkan rantai dengan cara disikat. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk merontokkan kotoran yang menempel pada rantai sepeda motor.

Setelah melakukan pembersihan, tahap selanjutnya adalah melumasi dengan pelumas yang dikhususkan untuk rantai. Tapi ingat, sebelum melakukan pelumasan keringkan dahulu rantai sepeda motor dengan cara melakukan perjalanan atau dikendarai jarak dekat sampai rantai kering. apabila telah dipastikan kering, barulah dilakukan pelumasan rantai secara merata.

Demikianlah sedikit tips sepeda motor masalah rantai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Sekin dari Saya dan terima kasih. Baca juga:

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com