AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mendeteksi Keadaan Mesin Mobil Dengan Mudah

Cara mendeteksi kondisi mesin mobil dengan mudah – Mengetahui kondisi mesin mobil Anda merupakan salah satu cara agar kendaraan tetap dalam keadaan prima. Apalagi saat mobil bekerja ekstra seperti mudik ataupun perjalanan jauh bahkan digunakan sehari-hari pun butuh dilakukan pengecekan. Alasannya sederhana, apabila mesin terjadi kerusakan maka tidak mengenal tempat atau waktu, apalagi perjalanan Anda melewati tanjakan berbatu atau curam pastinya sangat dikahawatirkan bila mogok dalam keadaan seperti itu.

Simak juga: 6 Langkah Perawatan Mobil Tanpa Ke Bengkel dengan Mudah

Adapun cara untuk mendeteksi kondisi mesin jangan langsung pada bagian mesin tersebut, apalagi cara lama yang ribet dengan mencopot busi satu persatu, memeriksa kabel busi, throttle ataupun komponen mesin lainnya. Cara cek kondisi mesin sebenarnya mudah banget hanya lewat kenalpot atau sistem pembuangan pada Mobil saja.

Cara Mendeteksi Keadaan Mesin Mobil Dengan Mudah

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin

Baca juga:  Tips Berkendara Sepeda Motor Dengan Memboncengkan Anak-anak

Gumpalan berupa kerak Hitam

Ini merupakan kondisi normal saat mobil di starter pertama kali saat mesin berada dalam kondisi dingin. Percikan air dari knalpot ini disebabkan karena adanya proses pengembunan dalam saluran knalpot. Disaat suhu dalam saluran pipa naik, percikan air ini pun akan hilang dengan sendirinya. Percikan air ini menandakan bahwa saluran pipa knalpot mobil Anda bebas dari oli yang meleleh ataupun gumpalan oli yang mengeras.

Adanya Percikan Air

Kejadian ini mengindikasikan bahwa terlalu banyak bahan bakar yang terbuang melalui asap knalpot dan menyebabkan tarikan mobil menjadi lemah dan konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

Lelehan Oli

Lelehan oli ini menandakan bahwa oli mesin masuk ke sistem pembakaran dalam jumlah banyak. Bersamaan dengan sisa asap pembakaran, oli ini menguap dikarenakan panas di dalam knalpot dan menyebabkan asap mobil berwarna putih dengan kebulan tebal. Biasanya disebabkan oleh ring piston yang kurang seret atau seal valve pecah. Jika dibiarkan, maka kerusakan akan menjalar ke bagian komponen lainnya. Hubungi bengkel langganan Anda untuk info lebih lanjut.

Serpihan Kotoran

Kotoran yang berbentuk seperti besi berkarat dalam jumlah kecil ini muncul saat mesin mobil bekerja pada putaran yang tinggi. Kondisi ini mengindikasikan adanya pengeroposan pada bagian saringan knalpot dikarenakan oleh proses karatan. Biasanya serpihan kotoran ini keluar bersamaan dengan asap mobil. Hal ini menyebabkan konsumsi BBM mobil Anda menjadi boros dan knalpot menjadi berisik.

Gumpalan berupa kerak Abu-Abu

Gumpalan kerak abu-abu mengindikasikan kondisi mesin mobil Anda sedang dalam kondisi prima karena proses pembakaran yang sempurna.

Lainnya: Cara Mengatasi Karburator Banjir Dan Penyebabnya

Demikianlah tips mendeteksi kondisi mesin mobil dengan benar dan mudah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com