AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil Antisipasi Gangguan

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil – Mengetahui kondisi mobil sangatlah penting, begitu juga dengan mengerti kondisi mobil. Walaupun ada sisi mekanik dan teknik dalam kebanyakan tes pengemudi, tetapi masih banyak juga orang yang masih merasa bahwa yang didapatkan masih kurang cukup memadai sebagai ilmu dasar. Banyak kita temui bahwa sebagian pengemudi khususnya perempuan tidak begitu mengerti akan kondisi dibawah kap mesin mobil mereka. Memang benar ini merupakan ilmu bagi para mekanisme bengkel, tapi tidak ada salahnya kita mengetahui ilmu dasar ini yang bisa digunakan sebagai tindak lanjut disaat Mobil mengalami gangguan di jalan sewaktu-waktu dalam perjalanan. Salah satu ilmu dasar tersebut adalah tentang Oli Mobil/ pelumas.

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil

Bisa dibilang hal itu merupakan hal yang sepele, akan tetapi dengan mendeteksi kondisi oli mobil, maka akan banyak informasi yang terdapat di dalamnya. Salah satunya adalah Anda bisa mengetahui kondisi mesin mobil hanya dengan melihat olinya saja. Terjadinya gangguan biasanya terjadi berawal dari sistem pelumasan yang kerjanya kurang maksimal. Apabila Anda mengetahui tentang ilmu dasar, tentunya sangat berguna dalam hal ini. Apabila Anda paham walaupun sedikit, maka Anda akan mengeluarkan biaya yang sedikit sebatas pergantian oli saja. Tetapi apabila jika tidak mengerti sama sekali, Anda akan dikenakan pula biaya pengecekan(Hal tersebut tergantung bengkel masing-masing).

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil dengan mudah

Pengecekan oli mesin wajib dilakukan secara rutin, caranya pun sangat mudah walaupun dilakukan para pemula. Untuk langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin dan carilah Nozzle yang berada pada bagian mesin yang memiliki gagang pegangan serta dapat ditarik keluar. Apabila telah menemukannya maka tariklah keatas dan disitu sudah terlihat level Oli yang masih tersisa di dalam tangki oli mesin. Pada bagian bawahnya terdapat garis yang berfungsi sebagai tanda yang menunjukkan level oli keadaan normal.

Cara Mendeteksi Kondisi Oli Mobil

Apabila sisa oli berada dibawah tanda maka itu tandanya baik-baik saja tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi jika sisa oli menyentuh pada ujung indikator , maka itu tandanya harus mengganti oli secepatnya. Bila dilihat secara teknis, maka Anda tidak perlu sampai menunggu level oli turun, karena pada dasarnya Mobil dengan mesin yang sehat olinya tidak berkurang. Apabila oli mesin berkurang secara drastis maka itu tandanya terjadi kebocoran yang harus mendapatkan penanganan ahli secara cepat. Oli yang berkurang, lama kelamaan akan menjadi kering sehingga mengakibatkan sistem pelumasan berhenti total yang berakibat terjadinya pergesekan antara part mesin dan hal tersebut berakibat kondisi mesin bisa hancur dalam sekejap. Oleh sebab itu betapa pentingnya mendeteksi kondisi oli Mobil Anda.

Simak juga:

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mendeteksi kondisi oli Mobil dengan mudah?, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkenan mengunjungi website autogaya (informasi berita otyomotif dan tips).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com