AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengatasi Karburator Banjir Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Karburator Banjir – Karburator merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai penyalur serta mengatur bensin menuju mesin suatu kendaraan bermotor. Walaupun pada saat ini hampir semua sepeda motor menggunakan system injeksi, tetapi pengguna sepeda motor yang menggunakan karburator masih lebih banyak.

Fungsi utama karburator  adalah mengkabutkan bahan bakar untuk disalurkan keselinder sehingga menuju proses pengapian. Apabila usia komponen ini sudah terbilang lama, biasanya akan terjadi masalah yang timbul pada  karburator.

Cara Mengatasi Karburator Banjir Dan Penyebabnya

Masalah yang sering ditemui yakni kaburator banjir atau bensin yang ada di dalam meluap keluar melalui lubang yang berada pada karburator. Kok bisa, apa penyebabnya?

Tips lain: Tips Memilih Knalpot Racing

Penyebab Karburator Banjir

Karburator banjir disebabkan oleh  needle valve yang dalam kinerja menutup lubang pemasukan bensin menuju karburator tidak sempurna. Pada bagian bawah di dalam karburator terdapat ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bahan bakar sementara. Sebuah pelampung yang berada di dalamnya terhubung dengan needle valve.

Fungsi needle valve sebagai katup untuk membuka dan menutup aliran bensin dari tangki menuju karburator. KInerja needle valve yakni saat bensin pada karburator berkurang maka akan membuka, begitu juga sebaliknya akan menutup bila bensin pada karburator telah penuh. Jadi apabila needle valve tidak menutup secara sempurna maka akan terjadi penambahan bensip pada karburator padahal sudah terisi penuh dan mengakibatkan karburator banjir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

needle valve – Mengatasi karburator banjir cukup mudah, caranya dengan melepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve.

Simak juga: Mesin Motor Cepat panas, Periksa Komponen berikut

Lakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk dudukan needle valve. Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang.

Artikel lainnya: 4 Tempat parkir Yang Harus Dihindari saat Musim Hujan

Itulah info otomotif tentang cara mengatasi karburator banjir dengan mudah, dan jangan lupa lakukan pembersihan terhadap lubang spuyer dan lainnya dengan menggunakan angin bertekanan, kalau tida ditiup dengan kencang. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com