AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengatasi Mesin Motor Mati Di Jalan Secara Tiba-tiba

Kendaraan macet di jalan merupakan sesuatu yang menyebalkan, apalagi berada di tempat yang jauh dari bengkel pastinya lebih akan menyulitkan bukan.  Masalah seperti itu memang jarang terjadi tetapi juga kadang kita mengalaminya, seperti Saya pun juga pernah mengalaminya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi sepeda motor apabila mecet di tengah jalan?

Sepeda motor macet terjadi karena faktor tertentu seperti kehabisan bensin, sekrup udara tidak pas atau busi yang mengalami gangguan dan bisa juga CDI kendor atau masih banyak yang lainnya. Akan tetapi hal yang biasanya terjadi hanya beberapa saja tidak semuanya menjadi kendala bila dalam suatu perjalanan, misalkan saat LCD mati biasanya setelah didiamkan dalam waktu yang agak lama.

Cara Mengatasi Mesin Motor Tiba-Tiba Mati Di Jalan
Ilustrasi Motor Macet di jalan

Apabila Anda mengalami mesin motor tiba-tiba macet maka hal utama yang harus dilakukan adalah mengecek bahan bakar, karena bbm merupakan salah satu sumber dan faktor utama untuk menggerakkan kinerja komponen mesin yang berada pada motor. Apabila bahan bakar masih dan motor mati maka hal yang kedua adalah melakukan pemutaran pada bagian skrup udara atau stasioner, putar sedikit dilonggarkan sekitar 1 setengah putaran dan coba selah pada pedal starter berulang ulang.

Tips lain: Tips Cek kaki-Kaki Motor Usai Perjalanan Jauh

Apabila sudah melakukan pengecekan tersebut dan mesin motor masih susah dihidupkan maka langkah selanjutnya adalah lepas kabel yang menuju busi dan pasangkan lagi agak ditekan siapa tahu kendor karena guncangan. Cek dan ricek dilakukan dengan teliti, setelah melakukan semua hal tersebut dan mesim motor masih susah hidup maka lakukan pengetesan terahir yaitu dengan melepas busi dengan kunci busi (biasanya sudah ada karena bawaan motor).  Lepas busi kemudian dikasih bensin mengambil dari motor Anda atau teman biar irit, setelah itu dibersihkan dengan kain sampai bersih atau agar sedikit bersih juga gak masalah, kalau bisa menggunakan amplas biar lebih jrenngg. Apabila sudah bersih maka pasangkan kembali pada tempatny dan tancapkan kabel busi dan silahkan di selah maka jreng..jreng… wer wer wer mesin kembali hidup dan silahkan kembali melanjutkan perjalanan.

NB. Apabila sudah sampai bengkel gantilah busi dengan yang baru karena faktor mesin motor tiba-tiba mati adalah busi yang kotor atau setengah mati. Pada prinsipnya dalam pembakaran  di dalam mesin ada 3 komponen pokok yaitu api, bahan bakar dan kompresi. Nah apabila ketiga komponen pokok tersebut sudah terpenuhi dalam waktu (timing) yang pas, saya yakin motor anda pasti akan nyala atau hidup.

Simak juga: Cara Mengatasi Busi Motor Mati Di Tengah Jalan

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca, terima kasih telah berkunjung di website kami dan apabila berkenan silahkan share kepada teman Anda atau fb atau yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com