AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Beginilah Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula Agar Lancar

Tehnik mengendarai Motor kopling untuk pemula – Sepeda Motor terbagi menjadi 3 jenis tranmisi yakni Motor kopling tangan dengan melakukan perpindahan gigi transmisi, kopling otomatis masih menggunakan manual dalam perpindahan gigi transmisi dan matic semua otomatis baik dalam perpindahan gigi ataupun pengkoplingan. Kali ini akan dibahas tentang cara berkendara sepeda Motor tipe kopling tangan, yang dimana bila dilihat memang kayaknya mudah. Namun saat baru pertama mempraktekkan pastinya sulit. Hal yang biasanya terjadi adalah Motor mati saat melepas kopling atau malah ban depan menjadi naik.

Kopling merupakan sebuah perangkat kendaraan yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari engine menuju transmisi. Yang akan dibahas disini adalah Motor dengan penggunaan kopling manual, yang dimana dalam pengoperasiannya masih melalui handel kopling yang biasanya diletakkan di stang sebelah kiri. lantas bagaimana cara mengendarai Motor kopling bagi pemula?

 Mengendarai Motor Kopling

Sebelum masuk pembahasan tentang cara mengendarai Motor kopling, kita bahas dahulu perbedaan antara Motor bebek dengan transmisi manual dan Motor dengan kopling tangan. Pada Motor bebek dalam perpindahan gigi hanya menginjak tuas transmisi saja saat ingin melakukan perpindahan gigi. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya kopling otomatis. Namun kelemahan dari sistem tersebut adalah berkurangnya tenaga yang dimiliki Motor saat perpindahan gigi.

Nah untuk Motor sport biasanya menggunakan kopling manual dengan tangan. Jadi saat melakukan perpindahan gigi transmisi harus dibarengi dengan memainkan tuas kopling yang berada di stang sebelah kiri. perbedaan lainnya terletak pada pola pemindahan gigi transmisi. Untuk perpindahan gigi automatis dilakukan secara berurutan yaitu N-1-2-3-4, sedangkan untuk yang menggunakan kopling tangan  polanya 1-N-2-3-4-5. Nah untuk pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan ke belakang.

Mengendarai Motor Kopling

Cara mengendarai Motor Kopling bagi pemula

  1. Nyalakan mesin dengan memutar kontak pada posisi ON
  2. Pastikan posisi transmisi dalam keadaan netral baru menyalakan mesin dengan starter tanngan atau kaki.
  3. Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan.
  4. Hal inilah yang biasanya para pemula kesulitan. Pada saat akan berjalan biasanya yang baru belajar langsung melepaskan tuas kopling secara mendadak, dan hasilnya mesin malah mati. Jdi untuk berjalan yang harus dilakukan adalah melepas kopling secara perlahan dibarengi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  6. Pada saat ingin berhenti, maka yang harus dilakukan adalah dengan menarik tuas kopling dan lepaskan putaran gas dibarengi dengan menekan tuas rem.
  7. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.setelah transmisi dalam posisi netral barulah melepas kopling dan matikan kontak menuju OFF.

Baca juga: Alasan Posisi Tangan Tidak Boleh Tetap Berada Pada Tuas Rem Motor

Demikianlah informasi terkini tentang cara mengemudi motor kopling khusus untuk pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com