AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengganti Minyak Rem Cakram Sepeda Motor Dengan Mudah

Cara mengganti minyak rem Cakram sepeda Motor – Sistem pengereman merupakan hal yang sangat penting. Setiap kendaraan tentunya mempunyai konmponen tersebut yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan dan memberhentikan kendaraan bermotor seperti sepeda Motor. Salah satu sistem pengereman yang sangat diandalkan adalah rem cakram.

Rem cakram memanfaatkan sebuah piringan yang ditempelkan pada roda, sedangkan kanvas pada komponen rem menjepit cakram untuk memperlambat laju roda kendaraan atau memberhentikannya. Penggunaan rem cakram membutuhkan oli rem agar sistem pengeremannya bekerja dengan maksimal. Apabila oli rem tersebut habis maka Motor tidak akan berhenti saat dilakukan pengereman seperti tanpa adanya rem.

Cara Mengganti Minyak Rem Cakram Sepeda Motor Dengan Mudah

Namanya menggunakan minyak rem, pastinya lama kelamaan akan habis juga. Jadi oli rem perlu dilakukan pergantian. Lantas bagaimana cara mengganti minyak rem cakram pada sepeda Motor dengan mudah, berikut ulasannya.

Cara mengganti Minyak Rem Cakram sepeda Motor di rumah

Sebelum melakukan pergantian minyak rem, sebaiknya persiapkan dahulu peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti minyak rem. Nah berikut ini adalah alat-alatnya.

Peralatan Untuk Mengganti Minyak Rem

  1. Obeng kembang + ukuran sedang
  2. Gayung berisi air
  3. Lap atau kain
  4. Minyak Rem Dot3/dot4

Setelah alat yang diperlukan untuk mengisi minyak rem telah siap. Selanjutnya adalah eksekusi dimana akan mengganti minyak rem Motor kesayangan.

Cara Mengganti Minyak Rem Cakram Sepeda Motor Dengan Mudah

Cara mengganti minyak rem cakram pada Motor

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka master rem dengan cara melepas baut pada tutup menggunakan obeng + atau kembang yang telah dipersiapkan.
  2. Selanjutnya Anda cukup mengisi master rem tersebut menggunakan minyak rem yang telah dibeli dengan perlahan hingga penuh.
  3. Minyak rem akan mengalir melalui selang menuju nipel caliper rem cakram.
  4. Pada tahap ini diharuskan melakukan pompa dengan menekan handle rem secara continue hingga keras.
  5. Apabila handle rem sudah terasa keras , anda tahan handle rem tersebut, lalu anda bisa buka/kendorkan baut yang terdapat pada nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya.
  6. Setelah rem cakram telah terisi penuh dengan minyak rem, lakukan lagi langkah 5 dan 6 hingga gelembung pada selang hilang. Untuk jarak main handle rem berkisar antara 2 sampai 3 cm. bila minyak rem berkurang Anda bisa menambahkannya lagi.
  7. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena pada bagian lain Motor yang terbuat dari plastik sepeti bodi. Karena jika terkena akan menjadikan cat rusak atau luntur bahkan bodi bisa menjadi bolong atau meleleh.
  8. Apabila terjadi kecelakaan seperti minyak rem tumpah, maka segeralah membersihkannya dengan kain dicelupkan ke dalam air yang telah dipersiapkan.
  9. Apabila telah maksimal dalm mengisi minyak rem, Anda bisa menutup kembali master rem, kemudian cek kembali kekerasan handle rem. Jika terasa sudah pas maka kencangkan baut pada caliper dan master rem cakram.

Baca juga:

Tips Perawatan Kampas Rem pada Motor Supaya Awet

Alasan Posisi Tangan Tidak Boleh Tetap Berada Pada Tuas Rem Motor

Demikianlah cara mengganti minyak rem cakram sepeda Motor dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com