AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengganti Roller Motor Matic Step By Step

Cara mengganti roller Motor matic dengan mudah – Sepeda Motor diperlukan perawatan agar tetap dalam kondisi prima. Apabila kondisi Motor maksimal maka akan nyaman saat dikendarai dan tarikan Motor lebih panjang. Untuk Motor tipe matic, salah satu yang harus dicek adalah bagian roller. Apabila bentuknya sudahtidak bundar maka saatnya untuk melakukan pergantian.

Sedangkan untuk fungsi roller Motor matic adalah memberikan tekanan keluar pada variator sehingga bisa membuka serta memberikan sebuah perubahaan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Jadi kinerja variator ditentukan oleh roller Motor matic. Bentuk roller yang masih baik seharusnya bundar atau bulat, dalam bentuk yang sempurna berguna untuk mempermudah pergerakan dari variator.

cara mudah mengganti roller motor matic

Dengan melihat pentingnya dari komponen roller tersebut, maka pastinya perlu untuk dilakukan perawatan secara berkala. Nah bahan yang digunakan untuk membersihkan roller Motor matic adalah bisa dengan kuas dan bensin. Dengan menggunakan alat tersebut bisa menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Nah bagi beberapa Motor matic, terdapat juga roller yang kinerjanya membutuhkan pelumasan. Untuk roller Motor matic jenis ini harus lebih sering dilakukan pembersihan dan perawatan.

nah di bawah ini adalah daftar roller Motor matic dan berat yang dimilikinya. Mengetahui jenisnya memberikan informasi tambahan saat akan menggantinya.

Daftar Berat Roller Motor Matic

Merek Motor Ukuran
Yamaha Nouvo:  11 gram

Soul GT: 9,5 gram

Mio GT: 9,5 gram

Mio J:  9,5  gram

Xeon: 10 gram

Xeon RC :  9,5 gram

Mio Soul:  10,5 gram

Mio Fino: 10 gram

Mio Sporty:  11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)

Honda BeAT: 9 gram

BeAT-FI:  9 gram

PCX: 18 gram

Vario: 15 gram

Vario Techno:  15 gram

Suzuki Hayate: 15 gram

nex: 10 gram

Skydrive: 15 gram

Spin: 12 gram

Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)

Lihat juga: Fitur Penting Mobil dan Motor saat hujan

Cara Mudah Mengganti Roller Motor Matic

Setelah mengetahui jenis dan berat yang dimilikinya, sekarang saatnya membahas cara mengganti roler Motor matic yang cukup mudah untuk dilakukan. Caranya dengan membuka rumah CVT dengan menggunakan kunci T 10 mm dan 8 mm. sedangkan untuk membuka puli penggerak bisa dengan bermodal baut dan kunci 17 mm. nah berikut ini adalah tutorial serta tahapan mengganti roller Motor matic dengan mudah.

Langkah demi langkah mengganti roller Motor matic

  1. Bukalah baut pengunci rumah puli

Untuk tahap pertama terlebih dahulu membuka baut yang mengunci rumah puli dengan menggunakan kunci 17mm. namun jangan lupa untuk mengganjal rumah puli supaya tidak ikut berputar, gunakanlah kunci 12 mm dengan panjang 6,5mm yang diletakkan menghadap ke Crank-case di bagian atas roller.

  1. Menarik Bagian Ring yang mengganjal bushing

Langkah selanjutnya adalah menarik ring yang mengganjal bushing rumah roller. Perlu diingat untuk memasang kembali setelah proses pergantian roller selesai dan ingatlah letak serta posisinya. Untuk posisinya adalah memasangnya setelah kipas puli bagian keluar.

  1. Cek Kondisi roller

Apabila tahap ke 1 dan ke 2 sudah dipraktekkan,tahap selanjutnya setelah puli terbuak adalah mengecek kondisi roller. Apabila telah aus maka sebaiknya diganti dengan yang baru.

  1. Pasang roller pengganti

Pada saat ingin meletakkan roller Motor matic, sebaiknya perhatikan dengan betul letaknya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat) silahkan taruh di got roller mana saja. Namun untuk kombinasi yang baik adalah meletakkan roller yang lebih ringan pada bagian depan sebelum roller yang berat. Atau roller yang ringan letaknya disebelah kiri dan sebelah kanan untuk roller yang berat.

  1. Pasang kembali rumah roller

Setelah semuanya selesai, maka pasang kembali rumah roller seperti  posisi awalnya.

  1. Perhaikanlah Kondisi dari ring Pengganjal kipas

Apabila telah selesai dalam pemasangannya, perhatikan juga kondisi dari ring engganjal kipas puli pada bagian luar. Pastikanlah bahwa setiap gigi ring mengunci rata gigi as rumah roller.

  1. Mengencangkan Baut pengunci rumah roller

Apabila semuanya telah dipastikan oke, tahap terahir adalah mengencangkan kembali baut pengunci rumah roller. Selain itu tahap ini juga jangan melupakan untuk menghentikan putaran dengan baut pengganjal rumah roller, nah untuk taha ini posisikan menghadap crank case bagian bawah.

Baca juga: Tips Mudah Agar Motor Matic irit Bahan Bakar

Demikianlah informasi tentang cara mengganti roller Motor matic dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com