AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengisi Aki Basah Yang Benar

Cara mengisi Aki basah yang Benar – Aki atau Baterai merupakan sumber listrik bagi kendaraan. Yang dimana Accu berfungsi untuk memberikan listrik kepada sistem kelsistrikan agar dapat bekerja sesuai dengan tugasnya. Adapun komponen yang membutuhkan tenaga dari Aki seperti Lampu electric starter dan busi dan lainnya.

Aki merupakan sumber kelistrikan yang terdiri dari 2 jenis yaitu aki basah dan aki kering. Untuk aki kering tidak membutuhkan air karena memang didesain seperti itu, akan tetapi bila telah soak atau ngedrop setrumnya sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, jalan satu-satunya adalah mengganti yang baru.

Sangat berbeda dengan aki basah yang mempunyai cairan di dalamnya. Untuk aki jenis basah membutuhkan perawatan agar tetap bekerja dengan maksimal. Untuk merawat aki basah bisa dilakukan dengan mengeceknya dan menambahkan air aki bila berkurang cairan di dalamnya. Selain itu aki basah bisa diestrum lagi apabila listriknya sudah melemah dan akan kembali bekerja dengan optimal.

cara mengisi aki basah dengan mudah

Pada saat aki basah dalam kondisi drop, maka untuk jenis ini masih bisa diperbaiki, yakni dengan menguras air di dalamnya dan mengisinya dengan yang baru setelah itu diestrum kembali. Untuk menguras dan mengisi air aki sebenarnya sangat mudah, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa air aki sangatlah berbahaya, jadi perlu untuk lebih waspada. Mari kita simak.

Mengisi Aki basah dengan air aki

Sebelum melakukan eksekusi perlu mempersiapkan alatnya terlebih dahulu. Untuk alat mengisi aki seperti Obeng +, Obeng – dan air aki yang mudah didapatkan di toko atau bengkel kendaraan bermotor.

Agar aki basah pada motor anda tetep awet maka kita harus sering cek kondisi airnya jangan sampai kehabisan. Jangan mengandalkan mekanik saat service motor saja kareja service motor biasanya jadwalnya adalah rata2 setiap dual bulan sekali , dan ketinggian air aki perlu di cek maksimal setiap sebulan sekali apa lagi motor yang sering digunakan untuk riding jauh , pasti kondisi air aki cepat habis.

Cara mengisi aki basah yang benar

  1. Lihat kondisi aki, apakah masih ada sisa cairan atau sudah habis, untuk cara membukanya menggunakan obeng + atau -.
  2. Bukalah tutup pada aki denganmenggunakan obeng –
  3. Selanjutnya anda bisa mengisi Aki dengan cairan aki ( accu zuur yang bisa anda beli di toko bengkel motor terdekat. ) Anda bisa tuangkan air aki sampai batas garis UPPER jangan sampai lebih dari batas UPPER kenapa tidak boleh ..? karena jika kelebihan maka akan menyebabkan air aki menguap dan biasanya akan tumpah , dan tumpahan tersebut akan keluar melalui lubang hawa di aki dan yang perlu anda ketahui bahwa air aki ini dapat merusak cat dan bikin karat pada rangka motor.
  4. Apabila kondisi aki masih bagus, maka Sobat cukup menmbahkan air aki saja, karena nantinya akan terisi kembali ketika kendaraan bermotor digunakan untuk berjalan kembali.
  5. Pasang kembali ke kendaraan bermotor baik Mobil ataupun Motor Sobat. Pastikan sambungan kabel dengan aki rapat dan kencang agar dapat maksimal saat digunakan.
  6. Air aki sangatlah keras, jangan sampai mengenai kulit karena bisa terbakar. Air aki jika terkena bodi maka akan meleleh, jadi sangat perlu diwaspadai untuk mengisi air aki yang benar.

Baca juga:

Perawatan Aki agar tidak mudah tekor

Cara membuat aki mobil bertahan lama

Demikianlah informasi tentang cara mengisi aki basah yang benar, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com