AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mudah Menyetel Karburator Mobil Sendiri

Cara stel karburator mobil sendiriKarburator merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan seperti Mobil. Fungsi dari karburator sendiri adalah mengkabutkan bahan bakar supaya bisa dilakukan pembakaran pada ruang bakar sehingga bisa menimbulkan tenaga untuk menjalankan mesin Mobil. Oleh sebab itu karburator harus dirawat dengan baik serta memiliki setelan yang pas, karena setelan karburator sangatlah berpengaruh dengan kinerja mesin yang tentunya berpengaruh juga pada kenyamanan penumpang. Masalah yang ditimbulkan apabila setting karburator tidak benar akan menyebabkan bahan bakar boros dan masalah lainnya seputar engine stationer.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa jaman sekarang banyak Mobil telah menerapkan sistem injeksi, akan tetapi masih banyak pula yang menggunakan Mobil dengan menggunakan sistem karburator. Lalu bagaimanakah cara menyetel karburator Mobil yang benar, mari kita simak:

 Baca juga: 6 Langkah Perawatan Mobil Tanpa Ke Bengkel dengan Mudah

Cara Mudah Menyetel Karburator Mobil Sendiri

Cara menyetel Karburator Mobil sendiri

Sebelumnya perlu diketahui bahwa sekrup penyetelan pada karburator Mobil ada 3 yang memiliki peranan sangat penting agar kinerja mesin bensin lebih optimal.

Cara Mudah Menyetel Karburator Mobil Sendiri

1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC di hidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.

2. Sekerup RPM mesin di turunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja.

3. Sekarang mulai dengan menyetel sekrup idle (campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik. (bisa terjadi, karena karburator sudah kotor atau lama sehingga tersumbat, atau sekrup ini rusak, maka walaupun sudah di putar, dicari-cari tidak ada reaksi. Kalau menemukan kondisi seperti ini maka perlu melakukan OH karburator.

4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setellah sekrup RPM sampai 700, 800 atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.

5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.

6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan?

Nb. Bahwa cara tersebut diatas adalah dengan syarat kondisi karburator masih dalam keadaan normal, baik itu fungsi SKEP, PELAMPUNG, SEPUYER, CHOKE, SELENOID, VACUUM dll.

Yang perlu diketahui adalah masalah umur, faktor lamanya penggunaan Mobil membuat kondisi karburator juga berumur lama juga, terutama pada bagian As Skep. Seperti misalkan usia Mobil mencapai 18 tahun, maka selama itu pula as skep terkikis bersama dengan injakan gas sang pengemudi, disamping itu keadaan lubang as skep juga menjadi lebar dan tidak presisi lagi. Hal tersebut akan menjadikan komponen skep tidak akan menutup ruang pada karburator secara maksimal. Apabila dalam kondisi tersebut maka akan terjadi Mobil yang tidak stasioner, meskipun telah diatur dngan pas tapi dalam jangka waktu hitungan haria akan kembali tidak stasioner lagi. Jadi apabila ingin menyetel karburator tentunya harus dilakukan pergantian beberapa komponen agar karburator bisa powerfull dalam mengerjakan tugasnya.

Demikianlah sedikit info tentang Cara Mudah Menyetel Karburator Mobil Sendiri, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya. Baca juga Tips Memilih Oli yang Cocok untuk Mobil dan Tips Mudah meingkatkan Tenaga Mobil Secara Efektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com