AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Merawat Kopling Mobil Biar Awet

Kopling merupakan komponen yang berfungsi untuk menetralkan sementara dalam rangka memindahkan gigi perseneleng atau transmisi agar terasa nyaman dalam berpindah. Kopling terdiri dari b=beberapa komponen  yang saling berkaitan satu sama lainnya. Adapun komponen tersebut seperti pelat kopling atau clutch disc, kampas kopling, matahari cover clutch) yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (mekanik/hidrolik).

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Di rumah

 

Untuk menghasilakan Kopling yang awet dibutuhkan perawatan secara berkala ditambah lagi dalam mengendara harus benar agar kopling tetap nyaman digunakan. Mengendarai Mobil tidak benar dapat mempercepat kerusakan pada kopling, contohnya seperti saat kendaraan berjalan dan posisi kaki berada diatas kopling tentunya akan mempercepat habisnya kampas kopling atau dalam menekan pedal kopling dilakukan dengan kasar yang berakibat sistem kopling terjadi keausan. Oleh sebab itu perhatikan cara agar Kopling tetap awet dan cara merawatnya:

Cara Merawat Kopling Mobil Biar Awet

Tips merawat Kopling Mobil Agar Awet

Melakukan pengecekan pada sistem kopling secara rutin.
Saat kendaraan akan berjalan gunakan gigi 1 agar kopling tidak terbebani oleh beban yang berlebihan.
Saat berhenti misalnya dilampu merah, usahakan transmisi dalam keadaan netral.
Jika anda menginjak kopling maka injaklah sampai full. Hal ini bertujuan agar hubungan kampas kopling dan fly wheel bisa terpisah secara sempurna.

Simak juga: Cara Membersihkan Dan Merawat Velg Mobil Di Rumah Agar Tetap Kinclong

Biasanya masalah yang sering terjadi adalah selip pada koping, ini disebabkan karena ausnya kampas kopling, dan akibat yang dihasilkan adalah bertambahnya konsumsi bahan bakar atau boros dan Mesin mobil kurang bertenaga. Masalah lain yang lebih parah biasanya kopling macet yang bisa disebabkan kabel kopling putus (mekanik) atau oli bocor (hidrolik) dan pedal kopling keras.

Demikianlah info tentang cara merawat kampas kopling agar tetap awet, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di autogaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com