AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Merawat Motor di musim hujan dengan mudah

Cara Merawat Motor di musim hujan dengan mudah – Musim hujan merupakan salah satu kondisi yang bisa membuat Motor tidak bekerja dengan maksimal. Oleh sebab itu ketika terjadi musim penghujan perlu dilakukan perawatan ekstra pada Motor. Oleh sebab itu perawatan ekstra ada Motor sangatlah penting untuk dilakukan agar performa Motor tetap maksimal. Nah kali ini autogaya.com akan memberikan tips tentang cara merawat Motor di musim hujan yang bisa dilakukan.

cara merawat motor di musim hujan

Cara Merawat Motor di musim hujan dengan benar agar mesin tetap maksimal

  1. Mencuci Motor

Saat terkena air hujan sebaiknya Motor segera dicuci. Hal tersbeut dikarenakan air hujan mengandung zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada Motor seperti cat menjadi cepat kusam. Jadi jangan lupa untuk mencuci Motor setelah terkena air hujan, apabila tidak ada waktu Anda bisa mengguyurnya saja dengan air biasa(Bukan air hujan). Melakukan pencucian Motor setelah terkena air hujan bisa mencegah timbulnya karat yang diakibatkan oleh air hujan.

  1. Menambah Tekanan ban

Saat terjadi hujan biasanya terdapat genangan air yang berada di jalanan. Sebaiknya setelah menerobos genangan air hujan memeriksa tekanan udara pada ban, untuk melakukannya bisa menekannya menggunakan jempol tangan apakah perlu ditambah anginnya. Masalahnya adalah bila ban kekurangan udara, maka telapak ban yang menyentuh jalan akan semakin lebar dan Motor menjadi berat. Hal tersebut membuat ban Motor menjadi cepat gundul atau tipis.

  1. Rantai

Air hujan memiliki sifat keasaman, jadi bila terkena besi bisa menyebabkan terjadinya karat, bahkan pada rantai Motor pun bisa karatan saat terkena air hujan. Apalagi kadang ada rantai Motor yang tidak ada penutupya, maka akan rentan sekali dengan karatan. Untuk menghindari rantai karatan bisa menutup rantai dengan menggunakan penutup rantai. Selain itu jangan lupa untuk mengecek rantai apakah kendr atau kencang.

4.Kanvas Rem dan Piston Cakram

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang ketika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras ketika telah kering. Oleh sebab itu saat anda selesai mencuci motor ada baiknya anda menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas kering. Jika tidak maka rem motro anda akan menjadi keras saat pedal rem di injak.

Sementara pada bagian rem cakram, perawatan yang anda lakukan cukup mudah yaitu dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram (misalnya disk cakram) .Pasalnya rem cakram bersifat terbuka dan ketika anda melibas genangan airu maka kotoran akan menempel pada bagian disk cakram .

  1. Busi

Komponen motor yang satu ini adalah salah satu jantungnya sebuah motor , tanpa busi mungkin motor tidak akan bisa hidup.Komponen vital saat musim penghujan adalah busi motor.Setelah anda membersihkan motor jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan ke busi ,yaitu dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi motor untuk kemudian di tiup agar bersih dan airu yang ada di bagian busi bisa hilang atau anda juga bisa mengelap(mengeringkan) bagian busi yang terkena air. Bukan hanya busi saja tapi juga denga kabelnya , pasalnya jika busi motor basah tentuyna akan menghambat proses pengapian ketika motor dinyalakan.

  1. Kotak Saringan udara

Saat Motor terendam air, janga lupa untuk membersihkan kotak saringan udara. Apabila komponen ini basah maka bisa mengganggu pembakaran di ruang bakar.

  1. Knalpot

Kotoran yang timbul akibat air hujan tidak hanya menempel pada bagian bodi saja, akan tetapi pda leher knalpot juga terdapat kotoran yang menempel. Jadi jangan lupa untuk membersihkan bagian ini supaya pembuangan sisa pembakaran bisa berungsi dengan sempurna.

Untuk cara membersihkan leher knalpot dari air hujan adalah denganmenyemprotkan oli ke dalam bagian kenalpot, kemudian olesi bagian leher knalpot dengan grease. Setelah selesai pasang kembali dan panaskan mesin Motor sekitar 5 menit.

  1. Rem depan dan Belakang

Masalah yang biasanya terjadi saat musim hujan adalah pada bagian rem depan dan belakang. Bagian rem biasanya muncul bunyi nyit pada bagian rem. Tidak usah panik karena bunyi rem tersebut muncul karena basah.

  1. jari-jari Motor

Pada umumnya saat mengendarai Motor di musim hujan semua komponen yang terlihat akan terkena air hujan. Salah satunya adalah jari-jari roda Motor. Adapun akibat terkena air hujan maka jari-jari Motor bisa saja menjadi keropos. Untuk masalah kropos memang tidak terlihat dari luar, jadi jangan lupa untuk menyiram dengan air biasa setelah terkena air hujan.

  1. Kabel Bodi

Untuk perawatan kabel bodi cukup dengan menutupinya dengan bodi Motor yang memang telah dirancang supaya tidak terkena air. Jadi perhatikan bagian kabel bodi, apabila ada yang terbuka segera ditutupi dak pastikan tidak terkena air. Selain itu perhatikan juga socketnya, karena bila terkena air terlalu banyak bisa saja terjadi kongslet yang bisa berakibat merusak komponen lain.

Artikel menarik lainnya:

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Maksimal dan Kondisi Prima

Cara Menghidupkan dan Mematikan Mesin Motor yang Benar Agar Awet

Demikianlah informasi tentang cara merawat motr di musim hujan, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com