AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Merawat Motor Klasik Agar Tidak Mudah Mogok

Cara merawat motor Klasik – Mempunyai motor klasik juga memerlukan perawatan yang harus dilakukan. Pada umumnya memiliki motor tipe klassik sangatlah luar biasa dan merupakan kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi ketika melintasi jalan yang sedang ramai, pastinya akan menyita banyak perhatian orang di pinggir jalan. Namun dibalik hal tersebut tentunya dibutuhkan perawatan ekstra, karena biasanya motor klassik terkenal dengan sering mogok.

Sebenarnya hal tersebut tidak semuanya sering mogok, bila dilakukan perawatan dengan berkala maka hal tersebut bisa dihindari. Sebenarnya perawatan motor klasik dengan motor biasa tidak jauh berbeda, hanya saja perbedaannya pada bagian tertentu saja.

cara merawat motor klasik agar tidak mudah mati

Cara Merawat motor Klasik dengan mudah

  1. Mengganti Oli motor

Oli merupakan pelumas yang berfungsi melumasi komponen-komponen yang bekerjqa terus ketika dinyalakan. Oleh sebab itulah jangan sampai telah dalam melakukan pergantian oli, karena bisa berakibat fatal. Dengan melakukan pergantian oli diharapkan bisa menjadikan motor tetap dalam kondisi maksimal.

Selain itu melakukan pergantian oli juga harus diperhatiakan. Waktu pergantian oli dilakukan tergantung dari kondisi motor. Pada umumnya mengganti oli setiap 4000 km. akan tetapi berdasarkan jalan yang dilewati serta kondisinya kadang sering macet menjadikan motor harus bekerja dengan ekstra. Jadi mengganti oli sebaiknya di angka 2000 sampai 3000 km. bila perhitungan bulan bisa dilakukan 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali.

  1. Mencuci motor

Menjaga kebersihan motor adalah salah satu hal penting, apabila motor yang kita kendarai bersih maka akan terasa nyaman. Pencucian motor bisa dilakukan 1 Minggu sekali, apalagi saat musim hujan hal tersebut sangat dibutuhkan. Mencuci motor bertujuan agar warna cat tidak pudar dan komponen yang terbuat dari besi tidak mudah karatan. Di jaman sekarang sebenarnya tidak perlu repot, karena sudah banyak bertebaran tempat cuci motor yag terpercaya hanya perlu membayar saja.

  1. Cek Pengapian Motor

Motor klasik biasanya pengapiannya yang jadi masalah, hal inilah yang menyebabkan motor jadul kerap mogok. Jadi selalu memeriksa pengapian agar kondisi motor tetap maksimal dan tidak mudah mogok. Untuk pengecekannya bisa dilakukan pada komponen Aki Motor, kabel koil atau platina. Anda bisa menggantinya jika komponen sudah rusak atau aus.

  1. Sparepart Asli

Bagi anda yang mempunyai motor klasik gunakan lah selalu spare part asli , jadi ketika anda sedang mengganti sparepart yang sudah rusak selalu gunakan yang asli , dan biasanya untuk sparepart yang asli memiliki harga yang lebih mahal tetapi awet dan tahana lama dari pada anda menggunakan yang palsu yang tidak bertahan lama untuk pemakaianya.Namun kalau kebetulan spare part yang anda cari sudah habis atau sudah jarang di temuii lagi ,maka solusinya adalah anda bisa melakukan pemesanan di beberapa dealer APM (agen pemegang merk) atau bisa juga kloning dari komponen motor produk terbaru yang intinya bisa pass dan cocok.

Baca juga;

Cara Merawat Motor Yamaha RX King dengan mudah

Cara Merawat Motor di musim hujan dengan mudah

Demikianlah informasi tentang cara merawat motor klasik agar tidak mudah mogok. Semoga bermanfaat dan jangn lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com