Home / Motor / Cara Merawat Motor Yamaha RX King dengan mudah

Cara Merawat Motor Yamaha RX King dengan mudah

Cara Merawat Motor Yamaha RX king – Siapa yang tidak tahu dengan Motor yang satu ini, Motor cepat yang digemari oleh anak muda. Meskipun untuk Motor tipe ini terkenal akan kecepatannya, tetapi masih banyak yang mencari Motor bekas RX King. Hal tersebut dikarenakan Motor anak muda ini memiliki tenaga yang luar biasa dan sangat bandel. Motor ini adalah Motor 80-an yang sangat mendominasi di jajaran Motor sport.

Motor RX King mempunyai komponen yang sedikit sehingga soal perawatannya relative lebih mudah dibandingkan dengan lainnya. RX King memiliki akselerasi yang sangat cepat serta dalam hal berlari sangat kencang. Akan tetapi kekurangan Motor yang sering dikeluhkan penggunanya adalah konsumsi bahan bakar yang terbilang boros.

Lantas bagaimana cara merawat Motor RX King supaya awet dan bertahan lama, selain itu mesinnya juga dapat bekerja dengan maksimal tanpa ada masalah.

Cara merawat motor yamaha RX King

Cara Merawat Motor Yamaha RX King Yang Baik

Perawatan Mesin Motor RX King

Perlu diketahui bahwa mesin mRX King menggunakan 2 macam pelumas. Adapun pelumas tersebut adalah oli samping dan oli mesin. Silahkan cek pada oli mesin dengan mencabut tangkai plastik lubang oli, apabila ketinggian oli mesin ada dibawah garis maksimal, maka segeralah menambahkan oli mesin sesuai dengan rekomendasi Dari pabrikan. Oli mesin ntuk Motor RX King biasanya menggunakan oli mesin dari yamalube dengan SAE 20W -40W.

Apabila sudah tiba waktunya untuk mengganti oli Motor RX King, maka bisa menggantinya sebanyak 650 cc sesuai dengan yang ditentukan, jangan dilebihkan. Ditambah lagi jangan sampai lupa untuk melihat selalu jumlah oli samping didalam tabung. Apabila jarum penunjuk oli samping telah berada di batas setengah, maka sebaiknya segara untuk dilakukan penambahan sampai penuh.

Perhatikan Saluran Bahan Bakar RX King

Supaya mesin RX King bisa bekerja dengan maksimal dan tenaga yang dihasilkan juga tetap tangguh. Maka perlu menjaga aliran bahan bakar tetap dalam kondisi yang lancar, selain itu perlu diperhatikan juga busi Motor. Apabila kondisi busi Motor tidak bagus yang mengalami kerusakan atau berwarna hitam, maka sebaiknya dilakukan pergantian dengan busi yang baru. Busi bertugas untuk memercikkan api dan melakukan proses pembakaran. Untuk Motor RX King disarankan menggunakan busi standar yakni tipe ND24. Apabila kondisi busi masih baik, Anda cukup membersihkan dan memasangnya kembali.

Sebagai tambahan, untuk campuran bensin disetel melalui skrup pengatur camputan 1 seperempat sampai 1 setengah putaran kekiri setelah dilakukan putaran kekanan penuh.

Perawatan saringan udara

Sekarang banyak saringan udara yang disematkan pada Motor terbaru material bahannya bukan kertas. Akan tetapi telah diganti dengan busa atau foam. Dengan menggunakan busa menjadikan cara untuk membersihkannya lebih mudah dan bahan tersebut umurnya lebih lama. Jika masih menggunakan kertas maka jika kotor harus melakukan pergantian.

Bentuk saringan udara pada RX King didesain bentuk busa segitiga memanjang. Untuk mengecek kondisi busanya bisa dilihat, apabila sudah mulai menghitam maka waktunya untuk dilakukan pembersihan. Untuk membersihkan busa pada saringan udara pun sangat mudah, hanya dengan menggunakan cairan pembersih saja.

Baca juga:

Inilah Penyebab Konsumsi BBM Matik jadi Boros

Cara Menghidupkan dan Mematikan Mesin Motor yang Benar Agar Awet

Demikianlah informasi tentang cara merawat motor RX King dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.