AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Di rumah

Cara Merawat Radiator Mobil – Radiator merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting, adapun bentuknya kotak serta memiliki sirip-sirip yang mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin agar tidak cepat panas. Apabila radiator tidak berfungsi dengan semestinya maka kemungkinan mesin akan terjadi Overheat. Oleh sebab itu harus dilakukan perawatan Radiator Mobil secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk kinerja Radiator yang optimal memang harus ada perawatan, akan tetapi kebanyakan hanya mengecek kebocoran dan volume pendingin (air radiator). Padahal dengan lamanya pemakaian bisa saja terjadi kara atau kotoran yang mengendap sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya kinerja Radiator. Apabila kinerja tidak optimal maka hal ini bisa berimbas pada mesin yang berakibat Overheating. Memang ada cara untuk mengatasi Overheating tapi lebih baik mencegah dari pada terjadi Overheating. Dampak terburuk dari gejala overheating ini kepala silinder bisa mengalami kebengkokan, akibatnya kompresi bocor dan tenaga drop. Jika sudah terjadi demikian maka anda hanya memiliki dua pilihan yakni mengganti dengan kepala silinder baru atau membawanya ke tukang bubut. Untuk itu dari pada mengalami hal yang demikian, tadi maka lebih baik mencegahnya bukan. Perawatan pada radiator idealnya setiap 20 ribu kilometer dilakukan pembilasan atau flushing.

Cara Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Di rumah

Tujuan dari pembilasan atau flushing adalah untuk menghilangkan kerak atau karat yang menempel pada sistem pendingin. Perawatan Radiator tersebut bisa Anda lakukan di Rumah karena untuk prosesnya cukup mudah. Untuk alatnya pun simpel tidak perlu ini itu atau apapun lah. Sebelum berperang melawan kerak maka persiapka alatnya terlebih dahulu yakni Radiator Flusher dan Obeng. Nah sedangkan lamgkah-langkahnya bisa disimak di bawah ini:

Cara Merawat Radiator Mobil

  1. Hidupkan mesin antara 2-3 menit agar kotoran yang mengerak bisa sedikit terangkat. Bila mesin menyala terlalu lama maka suhu air dan tekanan didalam sistem akan meningkat, sehingga cukup membahayakan.
  2. Bukalah tutup radiator. Untuk menjaga keselamatan kerja maka gunakanlah handuk basah untuk melepas tutup radiator tersebut.
  3. Bukalah sumbat yang ada di bagian bawah radiator dengan bantuan obeng untuk menguras cairan pendingin.
  4. Setelah cairan pendingin terkuras semua tutup kembali sumbat dan tuangkan radiator flusher.
  5. Pasang tutup radiator dan nyalakan mesin antara 2-3 menit.
  6. Lakukan proses 2-5 namun kali dengan menggunakan air, tujuanya adalah untuk membilas radiator flusher beserta kotoran yang ada.
  7. Yang terakhir kuras air didalam sistem dan tuangkan water coolant yang baru.
Cara Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Di rumah
Radiator Flusher

Bagaimana cukup mudah kan, oleh sebab itu luangkanlah waktu Anda sebentar untuk membersihkan Radiator agar Mobil Anda tetap nyaman dan tenang dalam melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan berkala dalam jangka 20.000 kilometer peerjalanan.

Demikianlah informasi tentang cara membersihkan Radiator Mobil di Rumah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di autogaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com