AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

cara Mudah Membersihkan Tumpahan Oli yang membandel

Cara Mudah membersihkan Tumpahan Oli – Oli adalah komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Akan tetapi Oli juga merupakan komponen yang berbahaya bila tercampur dengan bahan lain. Seperti misalnya 1 liter oli dapat mencemari 250 ribu gallon air minum, bahaya bukan?.  Oleh sebab itulah perlu berhati-hati dalam menggunakan oli serta harus menggunakan cara yang benar.

Pada saat mengganti oli kemudian tumpah, maka jangan dibiarkan begitu saja. Pasalnya bila oli semakin lama menempel maka oli tersebut akan sangat sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab  itulah akan diberikan informasi tentang cara mudah membersihkan oli yang tupah.

Cara Mudah membersihkan Tumpahan oli

Cara Mudah membersihkan Tumpahan oli

– Serap Oli

Untuk membersihkan oli yang tumpah bisa menggunakan benda apapun yang bisa menyerap oli. Salah satu bahan yang bisa menyerap oli adalahtisu ataupun handuk. Namun bila menginginkan bahan yang lebih praktis bisa menggunakan bedak, pasir, abu, tanah lempung ataupun produk penyerap oli yang dijual dipasaran.

Adapun caranya dengan menekan-nekan bahan yang bisa menyerap oli tersebut. Perlu diingat, jangan dilap karena bisa saja membuat noda oli justru malah menyebar luas.

– Buang bahan penyerap oli

Apabila oli yang dibuang lumayan banyak, maka sebaiknya buanglah pada wadah khusus seperti kaleng limbah. Kaleng limbah biasanya terdapat lubang udara yang bisa mempercepat pengeringan bahan penyerap.

– Semprot dengan sabun dan air panas

Selanjutnya bila bahan penyerap sudah dibuang, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menyemrotkan sabun ke bagian yang tertumpah oli. Selain dengan menggunakan sabun bisa juga denganmenggunakan gemuk yang biasa digunakan untuk melicinkan mesin kendaraa.

Setelah hal tersebut dilakukan, selanjutnya adalah menyiram air panas dan campurkan sabun atau gemuk. Tuangkan hingga sabun menutup seluruh noda bekas oli.

– Sikat

Untuk melakukan langkah ini membutuhkan kerja keras dan usaha yang besar. Untuk menyikatnya menggunakan sikat yankaku sampai sabun mengeluarkan busa. Tapi perlu diingat, apabila oli tumpah pada beton, jangan menggunakan skat kawat karena malah bisa merusakpermukaan beton tersebut.

–  Serap

Setelah disikat, tunggulah hingga sekira 10 hingga 60 menit. Setelah itu, serap kembali dengan pasir atau tisu atau busa. Cara yang benar adalah dengan ditekan, bukan digosok. Bila masih sulit diangkat, encerkan kembali dengan air hangat atau panas. Perlu diingat, jangan sampai air ini mengalir ke tanah karena ini adalah limbah.

– Ulangi

Apabila dengan langkah di atas masih terdapat bercak oi,maka ulangilah langkah tersebut hingga hilang sempurna. Namun bila masih bandel, maka gunakanlah produk khusus yang mengandung alkalin yang dapat didapat di toko material.

Baca juga: Tips Memilih Oli Mobil dan Motor

Demikianlah inforasi tentang cara mudah membersihkan tumpahan oli. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com