AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Sederhana Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Tips merawat Motor matic dengan cara sederhana – Mempunyai sepeda Motor matic tentunya memerlukan perawatan supaya kondisi tetap maksimal. Apabila tidak dirawat Motor akan mudah sekali mengalami kerusakan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu harus menyisihkan uang untuk biaya perawatan Motor matic.

Merawat Motor matic bisa dilakukan sendiri oleh pemiliknya. Selain itu juga tidak perlu mengeluarkan biaya dalam hal perawatan agar kondisi tetap maksimal. Hanya saja tentunya harus meluangkan waktu sebentar, namun jika sudah terbiasa akan menjadi suatu kebiasaan yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

 Cara Sederhana Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Cara sederhana merawat Motor matic

Nah berikut ini merupakan langkah merawat Motor matic yang bisa dilakukan sendiri di rumah agar Motor bisa awet dan tahan lama serta terjaga performa yang dimilikinya.

  1. Memansai mesin Motor

Perhatikan hal ini, pada umumnya setiap pagi pemilik memanaskan mesin Motor matic. Namun tidak jarang pula yang melupakan atau meremehkan hal ini, apalagi dalam kondisi terburu-buru. Oleh sebab itulah biasakan untuk melakukan pemanasan mesin Motor di pagi hari agar tetap dalam performa yang baik serta Motor bisa lebih awet. Untuk lebih jelasnnya Anda bisa membaca artikel tentang Cara Menghidupkan dan mematikan mesin Motor yang benar di pagi hari.

  1. Cara berkendara yang baik

Berkendara memang bisa dibilang kebiasaan. Bagi yang sering memacu kecepatan tinggi dalam mengendarai Motor matic, sebaiknya ikuti irama mesin Motor. Jangan langsung menarik Motor dalam kecepatan penuh secara spontan, apalagi habis dipanasi. Cobalah melaju dalam kecepatan stabil saat jalanan tidak macet dan tidak naik turun, hal ini juga bisa menjadikan konsumsi bahan bakar lebih irit. Perlu diketahui, apalagi yang suka menggeber-geber Motor tanpa aturan bisa menjadikan sparepart cepat rusak dan perlu diganti. Baca juga: Tips Berkendara Sendiri Agar Terhindar Dari Bahaya

Cara Sederhana Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

  1. Hindari tangki bahan bakar kosong

Efek yang paling terasa bila bahan bakar sampai kosong adalah Motor matic menjadi boros BBM. Jadi jangan sampai indikator pada speedometer menunjukan pada posisi E atau empty, yang lebih parah hingga Motor tidak bisa berjalan lagi. Jadi jangan sampai kehabisan bensin pada Motor matic, selain dapat menjadikan boros, juga bisa merusak komponen mesin tanpa kita sadari. Simak juga: Penyebab Konsumsi BBM Matik jadi Boros

  1. Mengganti oli secara berkala

Jika Motor matic anda dilakukan penggantian oli secara berkala tentunya hal tersebut akan membuat mesin motor anda awet karena mendapatkan pelumasan yang maksimal. Untuk pemilihan merek oli saya sarankan untuk membaca buku panduannya karena disitu diberi tahu oli motor yang cocok untuk motor matic anda. Oya untuk tambahan ,untuk jadwal penggantian oli motor baiknya kapan..? biasanya untuk mengganti oli mesin setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. Lihat juga: Cara Mengganti Oli Motor Matik dengan 8 Langkah Mudah

  1. Memeriksa kondisi busi dan aki Motor

Komponen yang sangat perlu dilakukan perawatan adalah aki dan busi. Apabila keduanya terjaga, maka kinerja Motor matic akan tetap stabil. Apabila tidak diperiksa setiap saat, dikhawatirkan mengakibatkan Motor Anda mendadak mati di jalan. Iya kalau dekat bengkel, tapi bila jauh dari pemukiman maka Anda sendiri yang akan repot.

Untuk pengecekan pada aki basah, bisa dilakukan dengan melihat air aki yang berada di dalamnya. Apakah masih atau hampir habis, bila sudah habis maka segeralah diisi kembali. Dan jangan lupa untuk distrumkan untuk mengisi daya agar tetap kondisi stabil. Sedangkan pada komponen busi sebaiknya diperikas juga, apakah telah berubah warna atau masih bagus. Apabila sudah tidak berfungsi dengan baik bisa menggantinya dengan yang baru. Lihat juga: Inilah Kebiasaan Buruk Pengendara Yang Bikin Aki Motor Cepat Tekor

  1. Memeriksa Roler dan Ventbelt

Untuk penggunaan motor matic dengan motor bebek adalah bagian ini , jika motor bebek yaitu menggunakan rantai dan gear untuk penggeraknya , tapi jika motor matic maka menggunakan ventbelt. Anda harus perhatikan roler dan ventbelt yang terdapat pada motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai anda bisa mengusahkanya untuk mengganti dengan yang baru agar motor tetep maksimal.

  1. Selalu perhatikan dan memeriksa ruang transmisi

Dalam melakukan pemeriksaan ruang transmisi Motor matic, membutuhkan beberapa kunci dan peralatan yang lengkap. Tujuan dilakukan pembersihan bagian ini adalah kadang kala terdapat kotoran dan debu yang mengotori ruang transmisi. Jadi usahakan selalu mengecek ketika telah berjalan 4.000km. hal tersebut agar Motor matic tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Lihat juga: Perawatan Motor Untuk Harian Performa Tetap Maksimal

Demikianlah informasi tentang cara mudah merawat motor matic dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca arikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com