AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Cek kaki-Kaki Motor Usai Perjalanan Jauh / Mudik

Cek kaki-kaki Motor setelah bepergian jauh – Sepeda Motor memang perlu perlakuan yang special, seperti servis, nyuci dan lainnya. Akan tetapi yang sering terlupakan adalah mengecek Motor setelah melakukan perjalanan jauh seperti keluar kota ataupun mudik.

Perjalanan jarak jauh hingga mencapai ratusan kilometer dengan jalan yang tak terduga atau tidak semuanya halus tentunya harus ekstra power seperti ketangguhan si kuda besi. Misalkan melewati jalan berlubang, menanjak, menurun dan menikung. Dengan pengguanaan sepeda Motor yang tangguh tidak akan menutup kemungkinan bisa terjadi kerusakan pada bagian kaki-kaki saat melintasi jalan yang rusak.

Tips Cek kaki-Kaki Usai Perjalanan Jauh / Mudik

 

Saat dalam bepergian entah merantau ataupun mudik sebaiknya Anda harus berwaspada dengan jalan yang dilewati. Hal yang terpenting adalah lakukan pengecekan setelah usai bepergian jauh yang bisa saja ada kerusakan yang tidak diketahui. Karena apabila terjadi kerusakan dan Anda hanya diam maka akan semakin parah kerusakan yang terjadi, oleh sebab itu cek dan di cek merupakan suatu yang harus agar saat bepergian kembali akan terasa aman dan nyaman.

Di bawah ini adalah cirri-ciri kaki-kaki sepeda Motor bermasalah setelah melintasi jalan yang rusak dan berlubang:

Bearing Roda

Jalan yang rusak memang bisa menyebabkan kerusakan pada kaki-kaki sepeda Motor, untuk komponen yang biasanya rusak adalah laher atau bearing roda. Komponen ini merupakan bantalan antara as roda dengan velg, dan rentan oblak atau oglek ketika sering melintasi jalan yang rusak dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

Tips Cek kaki-Kaki Usai Perjalanan Jauh / Mudik
Bearing roda

Gejalanya akan terasa saat melakukan perjalanan dalam kecepatan di atas 70 km/jam. Apabila dibiarkan saja tanpa dilakuka perbaikan maka kemungkinan bearing roda Motor yang telah oblak akan pecah dan mengakibatkan velg dan as akan terkunci akibat efek bearing yang pecah dan macet

Velg Peyang atau berubah bentuk

Jika saat melewati jalan rusak bearing tidak pecah, maka komponen yang bisa saja mengalami kerusakan saat melewti jalan rusak adalah velg rodanya berubah bentuk atau peyang atau penjol. Hal tersebut biasanya terjadi pada penggunaan velg jari-jari.

Pemotor dengan tunggangan yang telah menggunakan casting wheel bukan berarti tanpa masalah. Penyakit velg peyang juga bisa dialami jika sepeda motor menghajar lubang dengan kecepatan tinggi hingga membuat salah satu bagian velg bengkok.

Ban Bocor

Untuk setelah melakukan perjalanan jauh pegecekan terahir yang harus dilakukan pada kaki-kaki Motor adalah ban Motor. Bisa saja ketika melewati jalan yang rusak atau  keriting ban Motor Anda tertancap benda tajam seperti kerikil, paku, pecahan kaca dan material lainnya yang menyebabkan terjadinya kebocoran yang halus.

Mungkin efeknya tidak langsung diketahui bahwa ban telah bocor bagi pengguna ban tubles. Walaupun demikian, benda tajam yang menempel di ban Motor akan bisa merobek jika didiamkan meskipun tidak sampai ban bocor.

Oleh sebab itu luangkan sedikit waktu untuk memerikasa ban Motor Anda, siapa tahu ada benda tajam yang menancap. Untuk pelepasannya harap dilakukan dibengkel tambal ban sebagai langkah antisipasi bila terjadi kebocoran serius saat dicabut.

Simak juga Tips Mudik Lebaran Supaya Hemat BBM

Demikianlah sedikit info tentang Perawatan Motor Sebelum ditinggal Mudik atau Pergi lama, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com