AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Membeli Dan Cek Kondisi Motor Bekas

Cara Cek kondisi Motor bekas. Motor bekas memang banyak diburu oleh masyarakat kalangan menengah kebawah, disamping harganya yang relative murah juga masih bisa digunakan sehari-hari. Tapi apakah anda tahu bahwa Motor bekas tidak semuanya bagus, karena membeli Motor bekas itu gampang gampang susah. Membeli motor bekas pasti menginginkan kondisi yang prima serta siap pakai.

Tips Membeli Dan Cek Kondisi Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas

Jadi motor bekas merupakan motor setengah pakai yang dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan. Ada yang karena sudah bosan atau ada juga yang menjualnya karena sudah tidak nyaman dikendarai. Nah jadi anda harus perhatikan dengan teliti saat membeli motor bekas. Bisa dibilang untung apabila saat membeli mendapatkan motor yang dijual karena bosan, biasanya masih dalam keadaan bagus dan terawat. Akan tetapi apabila mendapatkan motor bekas yang kondisinya tidak normal dan si penjual tidak menjelaskan kondisinya, pasti bingung untuk memastikannya.

Cek Mesin Motor Bekas

Nah karena masalah tersebut saya berangan-angan untuk memberikan tips cara cek motor bekas, supaya para pecinta motor bekas tidak mengalami kekecewaan saat sudah bertransaksi dan kondisinya ternyata memprihatinkan. Berikut ini caranya:

Cara Cek Motor Bekas

1 cek pada bagian suara mesin

Suara mesin adalah hal yang paling penting dalam mengetahui kondisi motor, jadi suara mesin yang bagus itu terdengar halus dan tidak ada bunyi seperti gesekan besi atau brisik pada mesin motor tersebut. Waspadai suara seperti “klek klek klek” atau “tek tek tek” yang biasanya terjadi karena dalam hal seperti itu bisa saja pasa bagian stang piston sudah dalam kondisi tidak baik.

Akan tetapi suara seperti itu juga kadang datang saat pengaturan baut klep mengendor. Apabila baut klep mengendor itu sebenarnya bukan masalah, tinggal mengaturnya saja. Nah jadi bedakan suara tersebut. Biasanya kalau klep bunyinya didepan yaitu di buring paling depan (khusus 4 tak). Tapi apabila stang piston sudah dalam kondisi tidak baik suaranya muncul pada bagian tengah dan suaranya agak kasar.

2 cek pada performa gas

Performa gas atau tarikan gas merupakan komponen paling utama karena apabila tidak ada maka motor tidak jalan. Nah untuk cek motor bekas melalui gas tersebut dengan cara :
Tarik tuas gas saat mesin hidup hingga putaran tinggi seperti sedang digeber. Setelah itu, lepaskan gas dan perhatikan putaran mesinnya apakah kembali langsam atau tidak. Karena Motor yang sehat itu waktu gasnya dibuka terus ditutup kembali masih tetap hidup. Putaran mesin harus kembali langsam secara normal seperti sebelum gas dibuka.

Kondisi motor bekas yang tidak bagus biasanya langsung drop saat gas ditutup dan tidak jarang pula mesin langsung mati, penyebabnya  bukan karena setelan gasnya dibuat besar, tapi karena ada komponen di dalam mesin yang geraknya macet atau karburatornya bermasalah
Jadi motor bekas yang kondisinya sehat waktu gasnya dibuka terus ditutup kembali masih tetap hidup. Putaran mesin harus kembali langsam secara normal seperti sebelum gas dibuka karena mesin masih bagus dan normal.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Ban Tubles dan Non Tubles

Tips Cara Merawat sepeda Motor Saat Musim hujan / banjir

Itlah tips cara membeli dan cek motor bekas, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pedoman anda saat mau membeli motor bekas. Silahkan tinggalkan komen apabila ada tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com