A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Daihatsu / Detail Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria Mobil Mungil Irit BBM

Detail Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria Mobil Mungil Irit BBM

Detail spesifikasi dan harga Daihatsu ceria – Ceria merupakan Mobil city car yang mempunyai desain yang mungil. Mobil ini juga disebut oleh kebanyakan orang dengan Mobil kutu, untuk target pasar yang dituju kepada keluarga kecil atau pengguna Mobil pertama. Mobil ceria mempunyai mesin kecil dan irit BBM, dengan ukurannya yang kompak serta memiliki harga Mobil murah tentunya hingga saat ini Mobil ini terus berkembang. Mobil ini juga mampu menerjang kemacetan jalan kota berkat desainnya yang mungil.

spesifikasi harga Daihatsu ceria

Daihatsu ceria pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 di Gaikindo Auto Expo Jakarta. Dihadirkan dengan 4 trim yang mesinnya mempunyai kapasitas yang sama, adaun tipe tersebut meliputi Tipe KL, KL Plus, KX dan KX-R. untuk produksinya dihentikan pada tahun 2006 dan digantikan oleh Daihatsu Ayla.

Spesifikasi Daihatsu ceria

Desain eksterior Daihatsu ceria

Pada tampilan luar memang Daihatsu ceria terlihat mungil dibandingkan dengan Mobil city car lainnya. Untuk dimensinya hanya berukuran panjang 3.365 mm, lebar 1.405 mm dan tinggi 1,415 mm serta untuk bobtnya hanya 700 kg. ketika pertama kali diperkenalkan hanya tipe KL tanpa adanya fitur apapun dan juga KL Plus dengan tambahan fitur AC plus head unit. Varian tersebut berciri khas warna two tone atau bagian bumper dengan body tidak menggunakan warna yang sama.

interior daihatsu ceria

Selanjutnya dihadirkan tipe KX yang telah di dukung fitur kelistrikan . Untuk aksen warna dibuat sama dari bodi hingga bumpernya. Sebelum mendapatkan sentuhan facelift, Daihatsu mendapatkan tambahan varian ytang merupakan tipe tertinggi yakni tipe KX-R. untuk fiturnya sama dengan tipe KX hanya perbedaannya terletak di bagian eksterior  yang mendapatkan tambahan bodykit.

Daihatsu ceria versi pertama produksi, pada bagian depan menggunakan lempu trapezium dengan bagian ujung yang membulat serta mengapit glill dengan hlir abu-abu pada tipe KL dan KL Plus. Sedangkan KX dan KX-R mempunyai kelir warna krom. Semua varian Daihatsu ceria terdapat foglamp yang letaknya di bagian bawah bumper.

Pada bagian samping terlihat bentuknya yang berdesain mengkotak. Bila dilihat sekilas mirip Karimun namun tingginya lebih rendah. Sementara itu, pada bagian belakang Daihatsu ceria mempunyau desain yang sederhana dan simple. Tidak mendapatkan tambahan emblem seperti layaknya Mobil sekarang. Namun hanya sebatas tempelan stiker ceria yang letaknya di bagian kanan dan tipenya sebelah kiri. Banyak pemilij yang mencopotnya karena mudah terkelupas.

Eksterior Daihatsu Ceria facelift

Sedangkan untuk versi facelift (New Ceria) pertama kali muncul pada pertengahan tahun 2003. Bentuk depan berubah total, meliputi lampu utama yang kini berbentuk bundar menyerupai mata kucing, grill model jaring dan juga foglamp berbentuk bundar pipih. Varian yang disediakan antara lain KL, KL Plus dan KX. Pada bagian depan, varian KL tidak lagi dibekali foglamp (lampu kabut) namun slotnya hanya ditutupi. Sehingga dapat ditambahkan sendiri menggunakan produk OEM. Berbeda dengan KL Plus yang telah dibubuhi fitur penting itu sejak keluar dari pabrik. Untuk kedua versi tersebut, warna bumpernya berupa hitam dan KX di cat serupa dengan warna body.

Pada versi new model ini, bagian belakangnya juga tak luput dari sentuhan baru. Perbedaan signifikan dari versi prefacelift adalah lampu belakang plastik model kristal dengan shape baru dan identitas Ceria yang kini menggunakan emblem dengan posisi yang sama dengan pendahulunya. Tak lupa pula, posisi peletakan plat nomor telah dipindahkan ke bagian tengah pintu belakang.

Interior Daihatsu Ceria

Pada bagian dalam kabin dauhatsu ceria terbilang sangat sederhana yang mirip dengan Mobil 80-an. Pada sektor dasbor tampak inferior, pengaturan AC masih manyak dan hanya menggunakan tuas geser. Pada Daihatsu ceria tipe KL tidak mendapatkan fitur AC dan head unt, akan tetapi kedua fitur tersebut hair pada ceria tipe KL Plus. Sedangkan pada Daihatsu ceria tipe KX terdapat penambahan fitur berupa Central Lock dan power window. Sebagai tipe tertinggi, KX-R tidak jauh berbeda dengan tipe KX. Paling mudah dapat dibedakan dengan adanya tulisan KX-R pada headrest row depan.

Performa mesin Daihatsu ceria

mesin daihatsu ceria

 Semua varian Daihatsu ceria menggunakan mesin yang sama yaitu mesin karburator dengan kode ED-10 yang mempunyai kapasitas 850cc denagn 3 silinder segaris. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 36 Hp/ 5.500 rpm dan torsi yang dihasilkan sebesar 63 Nm/ 3.200 Rpm. Dibalik penggunaan mesin tersebut terdapat keunggulan tersendiri yaitu kontribusinya terhadap keiritan konsumsi BBM. Selain itu, penggunaan karburator juga memastikan perawatan mesin Daihatsu Ceria menjadi mudah karena dapat disetel tanpa menggunakan komputer canggih layaknya yang ada di bengkel-bengkel besar.

Review Mobil Daihatsu Ceria

Spesifikasi Daihatsu Ceria Mesin : ED-10 0.85 liter (850cc).

Konfigurasi : 3 silinder segaris

Tenaga : 36 HP @5.500 RPM.

Torsi : 63 Nm @3.200 RPM.

Bore x stroke : 66.6 mm x 81 mm.

Rasio kompresi : 9.5:1.

Konsumsi BBM : 14-16 km/L (dalam kota) ; 17-21 km/L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi : Depan MacPherson Strut Independent, belakang semi trailing independent.

Rival : Hyundai Atoz, Kia Visto, Suzuki Karimun Kotak / Classic, Cherry QQ, dan Chevrolet Spark.

Tahun Penjualan : 2001 – 2003 (prefacelift) ; 2003 – 2006 (New Model / Facelift).

Kelebihan dan keunggulan Daihatsu Ceria Irit BBM.

Tarikan dahsyat.

Harga murah.

Mudah diparkir.

Torsi nendang di putaran bawah.

Bantingan suspensi cukup nyaman.

Sparepart relatif terjangkau.

Dapat di servis di sembarang bengkel.

Keurangan dan kelemahan Daihatsu Ceria Brand Daihatsu.

Kabin sempit.

Tenaga kecil.

Minim fitur.

Sparepart terbatas.

Teknologi mesin jadul.

Minim peminat.

Depresiasi harga cukup tinggi.

Harga Daihatsu Ceria Ceria KL : 30 – 35 juta.

Ceria KL Plus : 35 – 42 juta.

Ceria KX : 42 – 47 juta.

Ceria KX-R : 47 – 60 juta.

New Ceria KL : 40 – 45 juta.

New Ceria KL Plus : 45 – 52 juta.

New Ceria KX : 52 – 60 juta.

Baca juga:

Ragam Varian Daihatsu Sigra Semua Tipe

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Hi Max mobil Pick Up Mungil

Demikianlah informasi tentang review spesifikasi harga serta keunggulan dan kelemahan Daihatsu ceria. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.