AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Waspada: Efek Mencampur BBM yang perlu diketahui

Efek Mencampur BBM – Pada jaman sekarang banyak sekali pengguna sepeda Motor yang berada di jalanan, semakin hari semakin bertambah. Berbicara tentang sepeda Motor maka tidak lepas dari masalah bahan bakar.

Pastinya sudah pada mengenal tentang jenis bahan bakar di Indonesia yang memiliki harga jual yang beragam. Kadang kala ada pengguna sepeda Motor yang mencampur bbm jenis ini dengan yang lain untuk mensiasati supaya hasil maksimal dan harga terjangkau. Seperti misalnya Bio Solar dicampurkan dengan pertamax Dex. Lalu apakah ada efek samping yang dihasilkan dari pencampuran BBM tersebut?

 Baca juga: Mesin Motor Cepat panas, Periksa Komponen berikut

Efek Mencampur BBM yang perlu diketahui

 

Efek samping Mencampur BBM

Apabila mencampur BBm menjadi kebiasaan maka tentunya aka nada efek sampingnya. Adapun dampak negative yang dihasilkan tentunya berpengaruh pada bagian kinerja mesin.

“Dilihat secara cetane number akan linier saja, misalnya kita campur Biosolar 50 persen dan Pertamina Dex 50 persen, ketemunya di tengah di angka 50. Sedangkan sulfur di solar biasa 3.000 ppm dan di Dex 300 ppm akan ketemu 1.650 ppm. Tapi aditif kerjanya tidak linier,” jelas Tri Yuswijayanto, ahli otomotif dan bahan bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perlu Anda mengetahui, bahwasanaya aditif adalah zat tambahan pada bahan bakar diesel. Zat tersebut bisa mempengaruhi kinerja mesin, sebenarnya menginginkan mesin maksimal tapi malah menurunkannya. Hanya saja zat tersebut tidak ada pada bio diesel. Apabila bio solar dilakukan pencampuran dengan Dex, maka tidak aka nada aditif pada bahan bakar. Pencampuran bahan bakar akan berdampak membuat injector yang cepat berkerak.

Simak juga: Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Dibandingkan Premium

“Dengan kerja yang tidak linier tersebut, ada jumlah tertentu yang sedikit tidak berefek. Kalau tidak ada aditif, kerja injektor cepat terjadi kerak. Kalau terjadi bahan bakar yang disemburkan akan menjadi kecil,” pungkasnya.

Demikianlah sedikit info tentang Efek Mencampur BBM yang perlu diketahui, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com