AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Faktor Penyebab Aki Cepat Tekor

Penyebab aki menjadi tekor ada beberapa hal. Sebelumnya, Aki atau baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sepeda motor. Fungsi Aki adalah sebagai sumber kelistrikan yang berguana untuk menyalurkan listrik ke beberapa komponen lainnya seperti lampu, klakson, elektrik starter dan sebagainya.

Apabila aki menjadi tekor maka komponen lain yang mengandalkan aki untuk kinerjanya akan tidak bekerja secara maksimal, misalnya lampu sein tidak mau berkedip atau menyala terus, elektrik starter tidak berfungsi, lampu depan dan belakang cepat putus dikarenakan aki tidak berfungsi dan nyala lampu mengikuti kiprok yang berputar.

Faktor Penyebab Aki Cepat Tekor

Penyebab aki tekor memang tidak hanya karena sudah memakainya secara lama, tetapi kadan aki baru pun bisa mengalami gejala aki tekor. Jadi sebelum sobat memutuskan untuk mengganti dengan aki yang baru sebaiknya cek dahulu. Cara mengeceknya adalah dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan aki cepat tekor. Berikut ulasannya.

Beberapa Hal Penyebab Aki Cepat Tekor

Banyak sekali faktor yang menyebabkan aki cepat tekor, apalagi bagi sobat yang gemar memodifikasi motor serta menambah aksesori tanpa menambah penyesuaian terhadap daya listrik yang diambil dari sang komponen penting yakni aki. Misalkan saja klakson keong, Lampu HID. Tidak hanya itu melakukan bore up pun bisa menjadi salah satu penyebab aki menjadi tekor. Atau bisa saja terjadi kerusakan komponen lain seperti kiprok. Berikut ulasannya:

Klakson

Sering kali kita jumpai para biker yang memasang klakson mobil di sepeda motor. Modifikasi ini tentu tidak dianjurkan karena piranti tersebut membutuhkan suplai listrik yang besar.

Kiprok

Komponen ini fungsi utamanya adalah untuk membatasi tegangan dari generator atau yang biasa disebut spull Perlu anda ketahui besarnya tegangan yang dikeluarkan generator ini tergantung pada putaran mesin, artinya semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula tegangan yang dikerluarkan. Nah karena tegangan tersebut digunakan untuk mengisi baterai maka besarnya harus dibatasi. Jika kiprok rusak maka imbasnya baterai akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Untuk itu lakukan pengecekan apakah pengisian normal atau tidak. Caranya dengan menghidupkan mesin antara 4000- 5000 RPM kemudian periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik adalah 14-15 volt.

Bore Up

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa bore up bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Banyak para biker yang melakukan bore up guna meningkatkan kapasitas silinder, akan tetapi tanpa diikuti upgrade elektrik starter. Akibatnya karena kompresi tinggi, elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus dipaksa, aki bisa menjadi tekor.

Lampu HID

Memasang lampu HID memang membuat nyala lampu lebih terang ketimbang standarnya. Namun perlu diingat perangkat ini membutuhkan suplay listrik yang besar. Jika tidak disesuaikan dengan spul pengisian, akibatnya aki cepat tekor.

Stop Lamp

Sering kejadian, stop lamp nyala terus meski tuas rem tidak ditekan. Jika anda tidak segera mengatasinya maka arus listrik dari baterai akan mengalir terus, otomatis aki cepat tekor. Penyebabnya adalah switch rem yang rusak.

Jadi apabila sobat  akan melakukan modifikasi atau menambah aksesori pada motor sobat, sebaiknya perhatikan kelistrikannya, karena harus sesuai dengan pengeluaran serta pemasukan daya pda aki agar aki tidak mudah tekor.

Simak juga:  Cara Melepas Aki Mobil Di Rumah Yang Benar dan Ingin aki Motor anda awet maka stabilkan pengisian

Demikianlah informasi tentang faktor penyebab aki cepat tekor, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com