AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Fitur Penting Mobil dan Motor saat hujan

Fitur Penting Mobil dan Motor saat hujan lebat atau kabut tebal – Hujan merupakan faktor alam yang tidak bisa dihindari, jadi bagi pengendara Mobil dan Motor sebaiknya selalu waspada dan mempersiapkan apa yang penting di musim penghujan. Pada saat hujan datang maka visibilitas akan berkurang, pada grip ban pastinya juga sama. Jadi saat musim hujan potensi akan terjadinya hal yang tidak diinginkan semakin meningkat.

Namun hal tersebut bagi pabrikan bukan masalah, karena hal itu telah diantisipasi dengan adanya penambahan fitur. Fitur tersebut dapat mengantisipasi akan hilangnya grip dan penurunan visibilitas. Tentunya terdapat pada Mobil dan tidak ada pada Motor, begitu juga sebaliknya. Yang pada intinya pihak pabrikan telah memikirkan akan masalah tersebut secara matang dan juga fungsi dari fitur yang dipasangkannya.

fitur penting mobil dan motor saat hujan

untuk fitur pada Mobil dan Motor tentunya mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung merek. Walaupun demikian cara kerjanya hampir agak mirip antara satu sama yang lain. Apa saja fitur yang penting saat hujan datang? Mari kita simak di bawah ini yang bisa dijadikan informasi bagi Anda.

Fitur Penting Mobil dan Motor saat hujan

  1. Rain sensor atau Sensor hujan

Fitur ini merupakan mekanisme untuk mengaktifkan wiper pada Mobil secara otomatis apabila hujan turun. Dengan kecanggihan fitur tersebut tentunya pengemudi tidak akan mengalihkan perhatian dari jalanan. Cara kerja rain sensor adalah dengan mengandalkan sensor yang bisa membaca tetesan air di bagian kaca depan. Sensor tersebut menyalurkan sinyal menuju computer Mobil dan mengaktifkan fitur. Sensor ini juga unumnya sapat mengatur kecepatan wiper berdasarkan intensitas hujan.

  1. Pengereman ABS

Secara sederhana, sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci jika dilakukan pengereman mendadak. Fitur ini sangat berguna di jalanan basah, bahkan berpasir sekalipun. Dalam kondisi jalan basah, ABS bisa menghentikan motor tanpa slip meski handle rem ditekan habis. Sementara motor non-ABS, dalam kondisi yang sama, cenderung akan slip. Pengereman ABS, dewasa ini terdapat baik pada motor atau mobil.

  1. Stability Control

VSC atau Vehicle Stability Control adalah perangkat keselamatan yang bisa melakukan pengereman aktif yang berjalan secara independen di masing-masing roda. Untuk rem depan mampu mencegah terjadinya oversteer, sedangkan rem belakang mencegah under steer.

Pada saat kendaraan selip atau kehilangan traksiu, maka pengereman yang terjadi akan otomatis. Selain itu tenaga mesin pun juga ikut berkurang guna menstabilkan kendaraan serta roda tetap mempunyai grip. Hilang kendali biasanya sering terjadi saat kondisi jalanan yang basah.

  1. Foglamp

Foglamp mempunyai fungsi untuk memecah kabut karena lampu ini mempunyai intensitas yang lebih kuat dibandingkan dengan lampu headlamp. Kegunaan foglamp untuk menembus jalanan saat dalam kondisi ekstrim seperti gelap, kabut tebal dan hujan deras.

Untuk warna foglamp yang paling cocok adalah warna kuning. Hal tersebut disebabkan warna kuning merupakan warna yang paling mampu untuk menembus kabut ataupun hujan lebat dengan intensitas yang tinggi sekalipun. Lampu foglamp bisa dipasangkan untuk Mobil ataupun Motor.

Jadi pada intinya selalu berhati-hati ketika menerjang jalan dalam kondisi ekstrim seperti hujan lebat dank abut tebal. Selalu persiapkan matang-matang kendaraan serta kondisi fisik baik kendaraan maupun penggunanya.

Demikianlah informasi tentang fitur penting Mobil dan Motor saat hujan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com