AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Hal yang sering terlupakan pengemudi Mobil saat Hujan

Hal yang sering terlupakan pengemudi Mobil saat Hujan – Musim hujan atau ketika terjadi hujan memang merupakan anugrah tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk wilayah pertanian. Akan tetapi kadang kala juga bisamenyebabkan terjadinya banjir karena tersumbatnya saluran air.

Pada saat musim penghujan bagi pengemudi Mobil sebaiknya selalu waspada, karena bisa saja jalan yang berlubang menjadi tidak terlihat. Banyak sekali hal-hal yang terbilang sangat sepele yang kerap dilupakan oleh pengemudi Mobil, mulai dari ketika melakukan persiapan berkendara hingga perilaku saat telah di dalam Mobil.

Hal yang sering terlupakan pengemudi Mobil saat Hujan

Salah satu hal yang sering terlupakan pengemudi Mobil saat hujan adalah mengganti karet wiper yang telah getas. Adapun fungsi dari karet wiper adalah untuk menyapu kaca depan ataupun belakang. Nah jadi jika karet pada wiper telah getas, maka otomatis kinerjanya akan berkurang dan sapuannya jadi tidak maksimal. Hal lainnya yang terlupakan pengemudi Mobil adalah semprotan air wiper.

Posisi semprotan air wiper sebaiknya sejajar dengan bidang pandangan sehingga jatuhnya air fokus pada titik utama di kaca. Cara mengaturnya cukup dengan peniti atau jarum untuk menggeser arah semprotan.

Hal lain yang kadang dilupakan oleh pengemudi Mobil saat melakukan persiapan untuk menerjang hujan adalah menjaga tekanan ban. Jadi untuk melewati jalan yang basah membutuhkan traksi maksimal pada ban Mobil. Nah untuk tekanannya sendiri wajib mematuhi rekomendasi yang dianjurkan oleh produsen atau pabrikan ban.

Apabila tekanan anginmelebihi batas maksimal, maka dapat mengurangi kemampuan ban Mobil dalam mencekram jalanan yang telah basah terguyur hujan. Selain itu perlu diketahui bahwa ketika melewati jalan dalam kondisi hujan sebaiknya sambil menyalakan lampu senja atau lampu kabut sebagai penerangan tambahan. Akan tetapi kebiasaan buruk pengemudi Mobil yang sering kita jumpai adalah malah menyalakan lampu Hazard.

Perlu diketahui bahwa menyalakan lampu Hazard saat kondisi hujan adalah perilaku yang keliru. Adapun alasannya adalah saat menyalakan lampu hazard maka akan membingungkan pengendara lain yang berada dibelakang. Nah penggunaan lampu hazard yang bijak adalah ketika dalam kondisi darurat yang dimana Mobil yang sedang dikemudikan sedang dalam kondisi menghambat laju kendaraan lain.

Simak juga: Posisi Tangan ketika Mengemudi Mobil

Demikianlah info tips otomotif tentang hal yang sering terlupakan pengemudi Mobil saat Hujan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share bila menurut Anda artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com