A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Berita / Hati-hati Saat Parkir Mobil, Bisa merusak Power Steering pada Kemudi

Hati-hati Saat Parkir Mobil, Bisa merusak Power Steering pada Kemudi

Power Steering rusak karena salah parkir – Salah satu fitur yang memberikan kenyamanan serta eamanan bagi pengemudi saat berkendara adalah power steering. Dengn menggunakan fitur tersebut pengendara bisa memutar setir dan mengarahkan kendaraan sesuai kemauan tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Kerusakan pada setir kemudi Mobil biasanya terjadi karena kebiasaan buruk dari pengemudi Mobil itu sendiri ketika meninggalkan kendaraannya di lokasi parkir.

Hati-hati Saat Parkir Mobil, Bisa merusak Power Steering pada Kemudi

“Kerap kali usia power steering cepat rusak karena posisi parkir. Bila sering lihat ada pengendara yang meninggalkan kendaraannya dengan ban di posisi berbelok, itu bisa cepat rusak,” ucap Lehman dari Halmahera Motor, Pangkalan Jati, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Adapun alasan mengapa bisa begitu dikarenakan saat Mobil posisi terpakir, kebanyakan pengemudi membiarkan kemudinya berputar melebihi setengah putaran. Hal tersebut apabila dibiarkan dalam jangka lumayan lama maka bisa merusak karet sil mekanisme pada power steering. Terjadinya kerusakan tersebut dikarenakan sisem hidrolik menekan komponen sil terus menerus.

“Sil akan jadi mudah sobek akibat terus ditekan sistem power steering. Jadi cepat rusak. Kondisi ini tidak terlalu berpengaruh bila power steering sudah menggunkan sistem elektrik,” ucap Lehman.

Hal tersebut berakibat saat kemudi dicoba dibalikkan kembali akan terasa berat. Selain itu selanjutnya timbul bunyi saat melintasi jalan yang tidak rata.

“Baiknya ketika parkir usahakan setir dalam posisi normal atau lurus. Ini juga dilakukan di kendaraan dengan sistem power steering hidrolik maupun elektrik,” ucap Lehman.

Baca juga: Beginilah posisi tangan saat mengemudi yang benar