Home / Berita / Ingin Mobil Irit Bahan Bakar perhatikan Hal Ini

Ingin Mobil Irit Bahan Bakar perhatikan Hal Ini

Mobil Irit Bahan Bakar – Mobil merupakan kendaraan roda 4 yangdigunakan unttuk beraktifitas atau bepergian wisata serta luar kota. Keuntungan menggunakan Mobil saat bepergian adalah apabila turun hujan maka pengemudi dan penumpang tidak perlu khawatir akan kehujanan dan tidak perlu menepi.

Namun tidak dipungkiri lagi bahwa konsumsi BBM antara Motor dan Mobil lebih irit Motor. Jadi kebanyakan pemilik Mobil adalah orang yang berkecukupan dan punya banyak uang. Selain itu harga Mobil lebih mahal dibandingkan dengan harga Motor.

Untuk menekan konsumsi bahan bakar, di bawah ini terdapat tips supaya Mobil lebih irit bahan bakar. Anda bisamencobanya dan merasakan hasilnya, mari kita simak.

mobil irit bahan bakar

Tips Irit bahan bakar untuk Mobil

  1. Menginjak Pedal gas secara Perlahan

Semakin besar katup gas yang terbuka maka bahan bakar yang dibutuhkan akan semakin banyak. Jadi ketika kita menginjak gas secara penuh dan spontan, maka bahan bakar yang dibutuhkan tentunya akan lebih banyak. Jadi ketika menginjak pedal gas disarankan secara perlahan agar Mobil lebih hemat bahan bakar.

Selain itu satu momen yang sangat vital adalah sontekan pertama saat kondisi Mobil diam dan mulai melaju. Jadi usahakan dimomen ini perlahanlah dalam mengatur gas dengan menginjak pedal gas, jangan langsung menggeber seperti dikejar hewan buas.

  1. Saat macet panjang matikan mesin

Di wilayah perkotaan sering sekali terjadi macet. Hal ini memang menjengkalkan, dan kebanyakan orang justru menyalakan mobilnya berharap kemacetan lekas berlalu. Hal tersebut memang wajar, tapi mencobalah bersabar dan matikan mesin untuk lebih irit BBM Mobil. karena kemacetan di perkotaan biasanya terjadi agak lama.

  1. Menjaga Intensitas Injakan Rem

Apabila anda menggunakan mobil stop dan go berulang ulang juga termasuk salah satu penyebab boros dalam penggunaan bahan bakar (bensin). Seperti yang kita ketahui bahwasanya jika mobil melakukan stop dan beranjak Go , tentunya tekanan gas akan bertambah dan mobil melaju sedikit lebih kencang dari putaran awal. Maka dari hal tersebut usahakan untuk tidak terlalu sering dalam mengerem mobil dan menekan pedal gas secara mendadak.

Pada saat kondisi tersebut memang kurang sesuai dengan kasus saat ini. Namun dengan melakukan secara perlahan saat menekan gas dalam kondisi Go seperti di point pertama. Setidaknya bisa membantu untuk menghemat bahan bakar yang bergerak menuju karburator.

4.Menstabilkan kecepatan Mobil

Kecepatan yang efektif untuk menghemat bahan bakar adalah 100 km/jam ke bawah. Hal ini dipercaya mamu menekan konsumsi BBM hingga 25% (lumayan bukan). Kalau untuk sepeda Motor kecepatan untuk menghemat bahan bakar adalah di bawah 60 km/jam.

Nah untuk lebih hemat bahan bakar memang memerlukan kestabilan dalam mengendarai Mobil. jangan terlalu memainkan gas seperti kadang injak gas dengan keras kadang tidak, hal ini justru membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak.

  1. Perhatikan tekanan angin pada ban Mobil

Apabila kondisi tekanan ban dalam kondisi yang prima, maka Mobil Anda bisa hemat 3%. Angka tersebut lumayan daripada tidak sama sekali. Nah jadi selalu perhatikan kondisi ban amobil Anda, jangan samapai terlalu kempes karena bisa boros bahan bakar. Selain untuk menekan konsumsi bahan bakar, memperhatikan kondisi ban juga untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

  1. Servis secara berkala

Kalau Mobil dalam keadaan prima tentunya Mobil akan hemat bahan bakar. Untuk menjaga kesehatan Mobil sangat penting untuk melakukan servis supaya Mobil tetap efektif dan juga responsive.

Perlu diketahui bahwa menjaga kondisi mesin tetap maksimal merupakan kunci dari Mobil irit bahan bakar. Jadi usahakan Anda melakukan servis secara berkala, sehingga tidak ada kesempatan buat Mobil eror atau trobel yang akan mengurangi performa Mobil.

Baca juga:

Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Mobil yang Harus Diperhatikan

Cara Membersihkan Plafon dalam Kabin Mobil dengan Mudah

Demikianlih tips menghemat bahan bakar untuk Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.