Ingin Upgrade Motor Injeksi? pakai PiggyBack

Upgrade Motor Injeksi? Pasang Piggyback ! – Semakin kesini kemajuan modern juga ikut bertambah. Saat ini keluaran Motor terbaru lebih banya menggunakan sistem fuel injection. Teknologi tersebut merupakan terbaru yang ramah lingkungan, selain itu Motor dengan sistem injeksi lebih irit bahan bakar. Untuk cara kerja sistem injeksi menggunakan sensor-sensor untuk mengetahui kondisi dari mesin Motor. Selanjutnya data yang didapat dari sensor tersebut dikirim menuju ECU(Electronic Control Unit) untuk dilakukan pemrosesan. Setelah itu ECU bekerja memerintahkan Actyator sesuai dengan kondisi mesin. Untuk Actuator adalah komponen seperti ISCV, Injektor dan lainnya.

upgrade motor injeksi

Upgrade Motor Injeksi? Pasang Piggy Back !

Melakukan upgrade mesin injeksi pada Motor dengan menaikkan kapasitas silinder boleh saja. Akan tetapi tanpa melakukan ubahan terhadap sistem maka hal tersebut percuma saja. Sebagai contoh misalnya anda akan menaikan kapasitas silinder yang semula 125 cc kemudian diupgrade menjadi 200 cc, maka tanpa merubah database yang ada di ECU yang akan percuma. Sebenarnya jumlah BBM yang masuk ke silinder semuanya diatur oleh ECU, jadi mlakukan upgrade tanpa mengubah ECU maka bahan bakar yang masuk silinder tetaplah sama. Hal tersebut menjadikan perubahan perrforma yang tidak signifikan. Sementara untuk karburator dilakukan penyetingan dengan mengganti spuyer yang mempunyai ukuran lebih besar ataudengan mengganti karburator. Lantas bagaimana cara mengatur suplay bahan bakar yang masuk ke silinder pada mesin Injeksi?

Solusi untuk melakukan pengaturan suplay bahan bakr yaitu dengan melakukan pemasangan perangkat tambahan yang diberi nama Piggyback. Komponen tersebut mempunyai fungsi untuk memanipulasi data dari sensor menuju ECU. Seperti yang dikatakan diatas bahwa ECU mengatur jumlah bahan bakar berdasarkan kondisi mesin dengan mengkalkulasi data-data dari sensor. Oleh sebab itulah dengan memanipulasi data sensor maka jumlah bahan bakar yang akan masuk ke dsilinder juga terdapat perubahan. Selain itu, piggyback tidak hanya mengatur bahan bakar saja, namun juga mengatur sistem pengapian.

Memasang piggyback pada Motor terbilang cukup mudah. Untuk setiap produk piggyback telah ada kabel body pada setiap sensornya yang mempunyai 2 socket. Sebagai contoh saat memasang throttle position sensor atau TPS maka socket pada sepeda motor diepas kemudian pasanglah socket dari piggyback. Setelah itu pasang socket yang satunya ke kabel yang akan menuju ECU. Untuk harganya memang agak mahal yakni antara 3 juta hingga 4 juta rupiah.

Dengan meggunakan komponen piggyback tentunya lebih mudah dalam mengatur suplay bahan bakr pada Motor injeksi, kalau ada yang gampang ngapain ribet.

Baca juga: Harga Motor Beat Bekas Berdasarkan Tahun Keluarannya

Demikianlah informasi tentang upgrade Motor injeksi, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikelmenarik lainnya.

Ingin Upgrade Motor Injeksi? pakai PiggyBack | | 4.5