AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Inilah Alasan Mengapa Harus Mengganti Minyak Rem Mobil 2 Tahun Sekali

Pada kendaraan seperti Mobil terdapat fluida paling penting yakni minyak rem. Adapun masalah efisiensi serta keandalan rem Mobil sangatlah tergantung dengan namanya kualitas. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali produsen minyak rem Mobil yang merekomendasikan untuk melakukan pergantian pemakaian selama 2 tahun.

Penentuan rentang waktu dalam penggunaan minyak rem selama 2 tahun indikatornya tidak dilihat dari volume minyak rem yang berada di dalam tangki penampung. Akan tetapi dilihat dari segi kinerja yang dimiliki oleh minyak rem itu sendiri. Oleh sebab itulah dalam penggunaan maksimal 30.000-40.000 km.

Minyak rem mobil

Pekerjaan minyak rem sangatlah keras, yang dimana pada siklus perkotaan penggunaan minyak rem dapat melakukan pekerjaannya dengan suhu pemanasan yang mencapai 150 derajat celcius. Hal tersebut bukan dalam kondisi kecepatan yang tinggi. Bila dalam kecepatan tinggi bisa mencaai 180 derajat Celcius.

Akan tetapi sangat perlu diperhatikan, bahwasanya minyak rem mempunyai sifat higroskopis, yang dimana bisa menyerap kelembababn. Dengan adanya hal tersebut menjadikan minyak rem yang telah mempunyai usia pakai 1 tahun, maka terdapat kandungan air 3%. Hal tersebut menjadikan panas minyak rem saat bekerja menjadi menurun sampai 30-50 derajat Celcius.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Kopling mobil Berat atau Keras Ketika Diinjak

Untuk minyak rem kelas modern, pada umumnya mempunyai suhu panas hingga 200-260 derajat celcius.dengan terjadinya penurunan suhu didihnya maka minyak rem akan mengalami penyusutan dalam usia 1 tahun. Oleh sebab itu pergantian minyak rem yang disarankan dan ideal adalah paling lama 2 tahun atau bisa dengan ukuran jarak yaitu 40 ribu kilometer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com