Home / Daihatsu / Detail kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charade CX dan Winner Mobil Hatchback

Detail kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charade CX dan Winner Mobil Hatchback

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Charade CX dan Winner – Mobil ini merupakan jenis Hatchback generasi terahir dari keluarga Charade yang pernah dijual di Indonesia berada di bawah naungan Astra Daihatsu. Daihatsu Charade CX dan winner pertama kali dihadirkan di Indonesia pada tahun 1987 dengan gelar Charade CX. Pada tahun 1990 mobil tersebut mendapatkan sentuhan facelift dan berganti nama menjadi Charade Winner. Update yang paling mencolok terletak di bagian performa, yang dimana pada sebelumnya menggunakan mesin 1,0 Liter dan mendapatkan pembaharuan menjadi 1,3 Liter seperti  varian mobil sedan yakni Daihatsu Charade classy.

    

Spesifikasi  Daihatsu Charade CX dan Winner

Desain Eksterior Daihatsu Charade CX dan Winner

Dilihat dari segi tampilan luar, pada bagian depan baik Daihatsu Charade CX dan Winner memang terlihat seperti Charade Classy karena memang dalam hal perkembangan menggunakan basis yang sama. Semuanya menggunakan lampu utama bermodelkan buram yang membentuk trapezium.

Pada bagian samping Daihatsu Charade CX dan Winner, pilar A B dan C juga terlihat menyerupai mobil sedan. Persmaannya juga bisa dilihat dari segi fender belakang yang tidak membulat. Hal tersebut menyulitkan pengguna ketika akan mengganti velg yang lebih besar karena terhalang oleh fender.

Perbedaan terlihat dari bagian belakang. Sebagai mobil jenis hatchback, Daihatsu Charade CX dan Winner tidak dibekali dengan penggunaan bagasi tambahan kecuali bagasi yang terletak di bagian kursi belakang. Perbedaan Daihatsu Charade CX dan Winner laiinnya adalah pada penggunaan stoplamp. Yang dimana untuk Charade CX menggunakan stoplamp dengan motif garis-garis, sdangkan untuk Charade winner bermotif polos.

Desain interior Daihatsu Charade CX dan Winner

Masuk ke dalam kabin,yang dimana akan disambut dengan desain interior yang terlihat sederhana dan sangat jauh dari kata mewah. Apalagi pada Charade CX yang belum tersentuh dengan penggunaan fitur elektrikal seperti power steering , power window dan lainnya. Jadi pengaturannya masih serba manual. Dan setelah mendapatkan sentuhan facelift dan berganti nama menjadi Charade winner barulah fitur Power Window, Central Lock, Power Steering, hingga Electric Mirror disematkan untuk bersaing dengan para rivalnya.

Performa mesin Daihatsu Charade CX dan Winner

Keluarga Charade mengusung bodi G100 dan dihadirkan dengan 2 varian mesin. Untuk mesin yag pertama berkapasitas 1,0 liter karburator yang dipasangkan pada charade CX. Mesin tersebut menggunakan kode CB-23 berkonfigurasi dengan 3 silinder dan 6 katup SOHC. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 51 Hp/ 5.600 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 75 Nm/ 3.200 Rpm.

Sedangkan untuk mesin kedua disematkan pada Charade Winner dengan kapasitas 1,43 liter yang menggunakan kode HC-C yang sama dengan mesin yang digunakan Charade Classy. Mesin tersebut berkonfigurasi dengan 4 silinder segaris dan 16 katup SOHC. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89 Hp/ 6.500 rpm, sedangkan torsi puncak yang dihgasilkan mencapai 105 Nm/ 4.000 Rpm. Untuk bobotnya seberat 800 kg. Baca juga: Detail Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria Mobil Mungil Irit BBM

Spesifikasi Daihatsu Charade CX dan Winner

 

Mesin : CB-23 1.0 liter karburator (CX) ; HC-C 1.3 liter karburator (Winner).

Konfigurasi : 3 silinder 6 katup SOHC (CX) ; 4 silinder segaris 16 katup SOHC (Winner).

Tenaga : 51 HP @5.600 RPM (CX) ; 89 HP @6.500 RPM (Winner).

Torsi : 75 Nm @3.200 RPM (CX) ; 105 Nm @4.000 RPM (Winner).

Bore x stroke : 76 mm x 73 mm (CX) ; 76 mm x 71.4 mm (Winner).

Rasio kompresi : 9.5:1 (CX) ; 9:1 (Winner).

Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota) ; 12-15 km/L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang independent.

Rival : Honda Civic Wonder Hatchback, Toyota Starlet Kotak, Mazda Trendy, Suzuki Forsa (Charade CX) ; Honda Civic Nouva, Toyota Starlet Kapsul, Mazda Astina serta Suzuki Amenity / Suzuki Eleny (Charade Winner).

Tahun Penjualan : 1987 – 1990 (Charade CX) ; 1990 – 1936 (Charade Winner).

Kelebihan Daihatsu Charade CX dan Winner

 

Murah.

Akselerasi di atas rata-rata (Winner)

Irit BBM.

Sparepart terjamin.

Perawatan mesin mudah dan murah.

Memiliki reputasi yang cukup baik di ajang motorsport.

Kekurangan Daihatsu Charade CX dan Winner

 

Kaki-kaki ringgih.

Model usang.

Bentuk fender belakang jelek.

Part modifikasi sangat terbatas.

AC kurang dingin.

 

Harga Daihatsu Charade CX dan Winner

 

Tahun 1987 : 15 juta.

Tahun 1988 : 16.5 juta.

Tahun 1989 : 18 juta.

Tahun 1990 : 20 juta.

Tahun 1991 : 22 juta.

Tahun 1992 : 25 juta.

Tahun 1993 : 30 juta.

Simak juga: Detail Spesifikasi dan Harga Daihatsu Hi Max mobil Pick Up Mungil

Demikianlah informasi tentang Review spesifikasi harga kelemahan dan keunggulan Daihatsu charade CX dan Charade winner. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Autogaya.