AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Dibandingkan Premium

Pertamax merupakan bahan bakar andalan yang dikeluarkan pertamina dan peluncuran perdananya pada tahun 1999 lalu yang menggantikan bahan bakar sebelumnya yakni Premix 98. Untuk harga pertamax sendiri dibandrol lebih tinggi dibandingkan premium, apa sebabnya?

Harga pertamax lebih mahal bukan tanpa sebab, akan tetapi dikarenakan mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh premium. Bagi sobat yang ingin melakukan perpindahan dari premium menuju pertamax sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pertamax di bawah ini:

Baca juga: Berapa biaya mengecat mobil

Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Dibandingkan Premium

Kelebihan Pertamax

Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.

Perbedaan premium dan pertamax salah satunya terdapat pada nilai oktan. Untuk pertamax mempunyai RON(Researc Octan Number) 92 sedangkan untuk premium hanya 88 saja.Laluapakah nilai oktan itu? Nilai oktan merupakan nilai yang menunjukkan ketahanan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan yang dimiliki maka semakin besar ketahanan terhadap kompresi.

Pada sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi  memang sangat dianjurkan untuk memakai bahan bakar jenis pertamax, apabila terus-terusan menggunakan premium maka lama kelamaan akan terjadi masalah seperti knocking atau ngelitik. Knocking ini sagat berpotensi untuk merusak komponen mesin.

Sepeda motor yang mempunyai kompresi tinggi, dengan menggunakan bahan bakar pertamax dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang berujung pada emisi yang rendah. Dengan demikian Pertamax juga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan serta tarikannya menjadi lebih ringan.

Simak juga: Cara mengatasi lampu mobil sering putus

Kekurangan pertamax

Sebenarnya sih kalau dilihat dari wacana di atas kekurangannya hanya satu dan sepele, yakni harganya lebih mahal dibandingkan dengan premium. Akan tetapi dengan kelebihan yang didapat maka tidak jadi masalah dengan harga yang terpaut sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Dibandingkan Premium

Akibat Mengoplos Pertamax dan premium ?

Mungkin diantara anda pernah mengoplos pertamax dan premium. Jika tujuan anda untuk meningkatkan nilai oktan hal tersebut sah-sah saja dilakukan dan tidak merusak mesin. Mencampur antara pertamax dan premium akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan. Misalnya jika anda mengoplos dengan perbandingan 1:1 maka nilai oktan yang didapatkan adalah 90 yakni dari pertamax 92 dan premium 88. Akan tetapi pertamax mengandung zat pembersih sementara premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada pertamax tidak berfungsi secara optimal, lantara komposisinya telah berubah.

Demikianlah informasi tentang kelebihan dan kekurangan pertamax dibandingkan dengan premium, semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa baca juga Fitur New Pajero sport dikurangi dan Cara mengatasi kaburator banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com