AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Kelebihan Kekurangan Mobil sedan Esteem Tangguh DiKelasnya

Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Esteem – Pada segmen kali ini, admin akan mengulas tentang Review Suzuki Esteem. Yang dimana Mobil tersebut merupakan jenis Sedan yang yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 dengan memasuki kelas Sedan Kompak. Pada saat masanya, Mobil tersebut sangat didambakan oleh para konsumen Suzuki dengan alasan bahwa Mobil yang dikeluarkan pihak Suzuki terkenal akan ketangguhannya. Selain menjadi Mobil yang tangguh, produk keluaran Suzuki juga mempunyai spesifikasi yang tahan banting serta perawatannya yang terbilang mudah. Hal tersebut dibuktikan dengan dihadirkannya Jimny Katana yang menjadi ikon utama dalam segmen Mobil off-road yang kemudian dilakukan pengembangan kembali dan lahir Suzuki escudo dengan diberi nama Suzuki Vitara 4×4.

Apabila napak tilas akan sejarah dahulu, bahwasanya Mobil Suzuki esteem merupakan jenis Sedan racikan pertama kali. Mobil tersebut merupakan hasil pengembangan dari platform Suzuki Cultus yang lebih dikenal dengan sebutan Amenity. Dari awal peluncurannya, pihak Suzuki membekali esteem dengan 2 jenis mesin yakni 1,3 L dan 1,6 L Tipe GT. Di masa tersebut Mobil Sedan ini juga mempunyai para competitor yang tak kalah garang seperti Daihatsu Charade Classy, Toyota Great Corolla, Honda Civic Genio, Mitsubishi CB series alias Evo 3, serta Mazda Lantis. Sayingnya Mobil Sedan yang digemari banyak konsumen tersebut diberhentikan penjualannya tahun 1996 dan digantikan oleh Suzuki Baleno.

Review Spesifikasi Suzuki Esteem

Desain Eksterior Suzuki Esteem

Apabila dilihat dari desain tampilan luar, pihak Suzuki masih mengandalkan desain kotak tapi berbeda dengan produsen Mobil lain yang telah beralih pada desain agak membulat. Pada sisi bagian ini, tidak terdapat perbedaan antara Amenity dan esteem karena perakitannya menggunakan sasis yang sama. Sangat berbeda dengan pabrikan lain yang telah terkenal seperti misalnya Toyota Great Corolla yang basisnya berbeda dengan produk lainnya Starlet  Kijang Kapsul.

desain samping Suzuki Esteem

Walaupun menggunakan desain bodi Boxy, akan tetapi terdapat juga lekukan membulat yang berada pada bagian ujungnya. Selain itu, dengan dimensinya yang cukup tinggi memberikan cirri khas tersendiri bagi Suzuki Esteem tersebut. Dengan begitu raung kepala akan bertambah luas serta kenyamanannya juga pasti meningkat juga.dimensi Suzuki amenity dengan esteem tidak jauh berbeda, karena yang membedakan hanyalah konstruksi body yang dimana terdapat tambahan ruang bagasi pada Mobil Sedan esteem.

Berlanjut pada bagian belakang Suzuki Esteem, yang dimana di sektor ini model stoplampnya diadopsi dari bentuk trapesium kecil yang terpotong. Model tersebut disambung dengan garnish seperti pada model Sedan era 90-an. Selain itu, untuk lampu sein berada tepat di bawahnya, sedangkan untuk lampu rem berada di bagian atasnya. Sementara untuk lampu mundur disematkan pada bagian bawah garnish yang berbentuk membingkai letak plat nomor polisi Suzuki esteem.

Desain Interior Suzuki Esteem

Pada bagian kabin Sedan Esteem mempunyai fitur yang canggih, akan tetapi sensasi yang ditawarkan terbilang hambar. Kebanyakan orang tidak menyukai interior esteem karena menggunakan model setir 2 spoke yang mempunyai kesan jadul dan ketinggalan jaman. Dan akhirnya jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggantinya dengan setir model racing aftermarket seperti Nardi, Sparco atau momo. Akan tetapi dibalik semua kekurangan Estreem terdapat kelebihan dengan dihadirkannya fitur electric mirror,, central lock, power steering dan power window serta mempunyai kapasitas ruang kabin yang terbilang lapang.

Mobil terbaru: Spesifikasi Harga Suzuki Ignis Mobil Terbaru Mini SUV

interior Suzuki Esteem

Performa mesin Suzuki Esteem

Di atas telah disebutkan bahwa pihak Suzuki memberikan mesin kepada esteem dengan 2 pilihan yakni 1.3 L dan 1,6 L. nah untuk mesin esteem 1,3 L berkapasitas 1300 cc dengan berkonfigurasi 4 silinder segaris 8 katup SOHC. Dengan penggunaan sistem karburator. Dengan menggunakan mesin tersebut, mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 71 Hp / 6000 Rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan mencapai 102 Nm/ 4000 Rpm.

Sementara untuk mesin selanjutnya adalah kapasitas 1,6 liter atau a600 cc yang digunakan pada esteem vaian GT sampai Suzuki Escudo. Untuk sistem pengabutan masih menggunakan karburator. Dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 hp 6000 rpm dan torsi puncak yang dihasilkan sebesar 99 Nm/ 3000 rpm. Mesin tersebut menggunakan kode G16B berkonfigurasi dengan 4 silinder 16 katup.

mesin dapur pacu Suzuki Esteem

Handling dan Impresi Suzuki Esteem

Ketika Duduk di bangku pengemudi, Anda tidak akan merasakan sama sekali sebuah keistimewaan tenaga mesin yang disalurkan ke roda depan dari mobil ini. Penggunaan karburator adalah penyebab utama mengapa tenaga yang mampu dihasilkan oleh kedua jenis mesin tergolong kecil bahkan di jamannya dulu. Sedangkan para kompetitornya sudah mengadopsi sistem injeksi, maka tak heran tenaganya bisa melewati angka 100 HP. Lalu bagaimana handlingnya? Bisa dikatakan biasa saja, adanya power steering bukanlah suatu hal spesial karena para kompetitor pada saat itu juga sudah menggunakan fitur ini.

Lihat juga: Setrategi Suzuki Andalkan 4 Mobil Model Terbaru

Spesifikasi Lengkap Suzuki Esteem

Review mesin     Mesin : G13BA 1.3 liter karburator ; G16B 1.6 liter karburator.

Konfigurasi : 4 silinder segaris 8 katup (1.3) ; 4 silinder segaris 16 katup (1.6).

Tenaga : 71 HP @6.000 RPM (1.3) ; 95 HP pada @6.000 RPM (1.6).

Torsi : 102 Nm @4.000 RPM (1.3) ; 99 Nm pada 3.000 RPM (1.6).

Bore x stroke : 74 mm x 75.5 mm (1.3) ; 75 mm x 90 mm (1.6).

Rasio kompresi : 9.5:1 (1.3) ; 9.5:1 (1.6).

Konsumsi BBM : 10-12 km/L (dalam kota) ; 13-16 km/L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang independent.

Rival : Daihatsu Charade Classy, Toyota Great Corolla, Honda Civic Genio, Mitsubishi CB series alias Evo 3, serta Mazda Lantis.

Tahun Penjualan : 1991 – 1996.

 

Kelebihan/ Keunggulan Suzuki esteem Harga bersahabat.

Mesin bandel.

Interior luas dengan fitur yang cukup lengkap.

Ketersediaan sparepart yang melimpah.

Perawatan mudah dan murah.

Komponen body tebal dan kuat.

Konsumsi BBM tergolong irit.

Kelemahan/ kekurangan Suzuki esteem Model kuno.

Belum injeksi.

Tenaga mesin biasa saja.

AC mobil kurang dingin.

Kaki-kaki ringkih.

Reputasi kurang baik di mata para pengamat otomotif.

 

Baca juga: Harga Suzuki Vitara Brezza dan Spesifikasi Terbaru

Harga Suzuki Esteem

Harga dari Mobil Sedan esteem tergolong sangat murah, perlu diketahui bahwa harga dibawah merupakan  second atau bekas.

Tahun 1991 : 25 juta.

Tahun 1992 : 27 juta.

Tahun 1993 : 30 juta.

Tahun 1994 : 33 juta.

Tahun 1995 : 36 juta.

Tahun 1996 : 40 juta.

Demikiankah review kelemahan dan keunggulan dari Suzuki esteem yang merupakan mobil sedan harga murah dan irit BBM. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com