AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Opel Blazer Mobil SUV Agresif

Detail spesifikasi harga Opel Blazer – Mobil ini merupakan Mobil khas Amerika yang masuk dalam kategori Mobil SUV. Di Amerika Mobil tersebut diberi nama Blazer saja, namun pada saat masuk pasar Indonesia diperkenalkan dengan nama Opel Blazer. Padahal Opel lebih banyak dikenal sebagai Mobil Eropa. Mobil tersebut bisa dikatakan satu-satunya Mobil dengan kolaborasi 3 pabrikan, yang dimana untuk lisensi didasarkan pada Opel. Sementara untuk desain serta produksi dilakukan oleh pihak Chevrolet dan untuk rancangan mesin menggunakan spesifikasi khusus Indonesia yang dilakukan oleh pihak Holden.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan menggunakan nama Opel dan Chevrolet. Karena merek lain seperti Holden, GMC, Buick, Hummer, Cadillac dan Pontiac semuanya mengindunk dalam satu perusahaan besar yang pusatnya berada di Amerika yakni General Motor Corporation. Hadirnya Mobil ini di Tanah Air berkat General Motor Indonesia yang telah berhasil mendeskripsikan nama Chevrolet blazer atau opel blazer sebagai Mobil tangguh dari Amerika.

 Spesifikasi harga kelebihan dankekurangan Opel Blazer

Spesifikasi Opel Blazer

Desain eksterior Opel Blazer

Opel blazer memiliki tampilan yang ramping dan agresif. Hal tersebut dikarenakan berkat adanya fascia yang dirancang dengan adanya lampu yang mempunyai bentuk besar serta terlihat memenuhi cluster depan. Untuk Blazer model facekift pertama mempunyai lampu yang telah dirancang ulang menjadi dua baris dengan bentuk yang tipis. Sedangkan Facelift kedua dilakukan perancangan kembali dan tampak terlihat seperti model pertama namun lebih terkesan menarik. Sementara untuk bagian belakang dan samping tidak ada perubahan sama sekali.

Desain interior Opel Blazer

Masuk ke dalam kabin. Yang dimana pada bagian dalam tersebut mempunyai nuansa sederhana. Mobil SUV tersebut memiliki dasbor yang minim tombol  pada bagian konsol tengah. Pada bagian atasnya dipasangkan sepasang pengarah angin AC. Untuk pengaturan AC hanya bisa dilakukan dengan memutar knob putar. Namun uniknya, pada tombol untuk menyalakan lampu utama diletakkan di sebelah kanan pengemudi, sementara untuk Mobil lain menggunakan model tuas. Untuk tuas bagian sebelah kiri berguna untuk menyalakan lampu sein. Untuk bagian instrument dipasangkan dihadapan pengemudi dengan adanya speedometer serta tacter full analog.  Dibawahnya terdapat odometer dengan tripmeter, indikator kondisi mesin, penunjuk tekanan oli, besaran ampere aki mobil, dan indikator bahan bakar yang mengelilinginya.

Ruang kabin Opel Blazer interior

Apabila dilihat secara keseluruhan, maka kabin Mobil Opel Blazer memiliki interior yang cukup luas. Untuk jok menggunakan kuri yang terbuat dari bahan beludru yang empuk. Dengan menggunakan kursi tersebut tentunya memeberikan kenyamanan yang lebih bagi penumpangnya. Namun salah satu kelemahan opel blazer adalah pada bagian headroom yang sempit.

review Opel Blazer

Performa mesin Opel Blazer

Mobil ini menggunakan mesin GM Family II dengan penggunaan teknologi DOHC kapasitas 2.2 Liter. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 138 Hp/ 5.600 rpm dan torsi yang dihasilkannya mencapai 195 Nm/ 3.400 rpm. Selain itu terdaat juga pilihan mesin lainnya yakni mesin SOHC dengan kapasitas yang sama.

Review Opel Blazer

Spesifikasi Opel Blazer Mesin : 2.2 liter GM Family II 4 silinder segaris 16 katup.

Tenaga : 138 HP @5.600 RPM.

Torsi : 195 Nm pada 3.400 RPM.

Bore x Stroke : 86 mm x 94.6 mm.

Konsumsi BBM : 6-7km / L (dalam kota), 9-10km / L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi: depan dan belakang McPherson struts independen.

Rival : Nissan Terrano, Land Cruiser VXR 80, dan Daihatsu Hiline.

Penjualan: 1996 – 2005.

 

Kelebihan Opel Blazer Desain menarik, macho, tangguh dan long lasting.

Body dan kaki-kaki kokoh.

Sangat nyaman.

Interior kabin sangat luas.

Body menggunakan plat baja dua lapis, cukup aman terhadap benturan.

Ground clearance tinggi.

Kuat di tanjakan.

Pajak cukup murah.

 

Kekurangan Opel Blazer Bensin boros.

AC sering rewel.

Harga jual anjlok.

Mesin gampang overhead, baca Cara Mengatasi Mesin Panas atau Overheat.

Ketersediaan suku cadang terbatas dan mahal, plus jarang ada yang KW.

Berat 2,2 ton.

Radius putar terlalu besar, sehingga sulit diparkir.

Baca juga:

Perbedaan Honda CR-V dengan Chevrolet Orlando Yang merupakan Mobil Keluarga Yang Nyaman

Daftar Harga Opel Blazer

  • Opel Blazer tahun 1996-1998 model pre-facelift dibandrol kisaran 40 sampai 50 juta rupiah
  • Opel Blazer tahun 1999-2002 model facelift pertama dibandrol kisaran 51 sampai 70 juta rupiah
  • Opel Blazer tahun 2003-2005 model facelift kedua dibandrol kisaran 71 sampai 85 juta rupiah

Demikianlah informasi tentang review spesifikasi harga dan kelebihan serta kekurangan Opel Blazer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com