AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Kelebihan Dan Kekurangan Pengereman ABS Pada Mobil Dan Motor

Pada era tahun 2016 banyak mobil atau motor menggunakan sistem pengereman ABS, yang dimana teknologi tersebut merupakan terbaru dan terbilang fitur unggulan dalam hal pengereman. Teknologi ABS sangat membatu dalam hal pengereman apalagi pada jalan licin ataupun ketika hujan melanda. Teknologi ABS memiliki cara kerja yang berbeda dengan lainnya yakni mencegah roda supaya tidak terkunci, hal ini berkat adanya sensor yang dipasangkan pada roda sehingga mampu mendeteksi apabila putaran roda terhenti saat sedang berjalan. Adapun sensor tersebut terhubung dengan komputer yang diteruskan dengan mengatur tekanan agar kinerja Teknologi ABS bisa maksimal.

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Di rumah

Kelebihan Dan Kekurangan Pengereman ABS Pada Mobil Dan Motor

Akan tetapi dibalik kelebihan yang dimiliki Sistem pengereman ABS terdapat 2 kerugian atau kelemahan.

Kelebihan Dan Kekurangan Pengereman ABS Pada Mobil Dan Motor

Kerugian pertama adalah jika digunakan di jalanan bebatuan atau dalam kondisi tertutup es  maka jarak pengereman pun menjadi lebih panjang, hal itu disebabkan karena besarnya traksi ban pada jalur es atau kerikil berbeda dengan jalanan aspal.

Simak juga: Harga Mobil All New Lexus 570 Terbaru Dan Spesifikasi

Sedangkan kerugian yang kedua hanya bisa dirasakan oleh para freestyler sepeda motor, biasanya saat melakukan aksi ini para penunggang sering melakukan atraksi stoppie yaitu dimana pengendara mengerem secara mendadak roda bagian depan sehingga motor ban belakang pun turut terangkat. Setelah terangkat biker biasanya beraksi dengan mengubah arah motor ke kanan atau ke kiri supaya kendaraan pun bisa lebih seimbang. Namun jika melakukan atraksi tersebut menggunakan motor yang telah dilengkapi fitur ABS maka roda depan pun akan terus berputar sehingga ban belakang tidak bisa terangkat.

Kelemahan lainnya yang dimiliki ABS adalah pada jalanan yang tidak rata, karena pengeremannya kurang pakem, sehingga saat melaju di jalanan berkerikil atau tidak rata maka roda akan tetap berputar, jadi berhati-hatilah.

Walaupun demikian, Sistem ABS juga sangat membantu bagi pengendara sepeda motor, karena lebih aman saat berkendara. Dan beberapa Sepeda Motor yang menggunakan sistem pengereman ABS antara lain : Yamaha R25, Yamaha NMAX 150, Kawasaki Ninja 250 FI dan Honda CBR250R. Secara harga versi ABS ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan varian standar.

Kelebihan Dan Kekurangan Pengereman ABS Pada Mobil Dan Motor

Tidak hanya itu, bahkan beberapa mobil canggih yang menggunakan teknologi ABS dapat mengontrol besarnya tekanan pada masing-masing roda tersebut. Untuk komponen utama pada sistem ABS meliputi Wheel Speed Sensor, Wheel Speed Sensor ABS dan Wheel Speed Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan roda.

Demikianlah informasi tentang Kelemahan dan kelebihan teknologi ABS, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com