AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Kelebihan Kekurangan Toyota Soluna dengan Harga Murah

Toyota Soluna – Mobil ini merupakan jenis Sub Kompak yng produksinya dilakukan oleh Toyota Motor Thailand pada tahun 1994 hingga 2004. Akan tetapi masuk ke Indonesia pada tahun 1997 yang posisinya di bawah corolla all new. Kehadiran dari Mobil ini sangat dinantkan di Tanah air, alasannya adalah Mobil tersebut mempunyai harga jual yang murah serta terbukti mampu untuk bersaing dengan para rivalnya.

Dengan mengandalkan harga jual yang murah, masyarakat Indonesia memilih Mobil ini sebagai salah satu kandidat pilihan dari berbagai elemen masyarakat terutama layanan jasa armada Taksi yang berada di Ibukota. Untuk masalah ketangguhannya tidak diragukan lagi dan masih tetap tangguh sampai saat ini.

Kelebihan Kekurangan Toyota Soluna

Baca juga; Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Agya terbaru

Eksterior Toyota Soluna

Desain bodi yang digunakan merupakan sebuah rekayasa ulang dari Toyota Tercel generasi 5 yang menjadikan Soluna hampir mirip dengan asalnya yang sebagai Sedan murah di daratan Eropa. Tetapi Toyota soluna didesain dengan karakter Asia supaya dapat bersaing di pasaran ASEAN. Mobil tersebut hadir dengan 2 versi yakni facelift dan prefacelift.

Pada bagian fascia yakni pada prefacelift, Mobil besutan Toyota tersebut menggunakan headlamp kaca yang buram dengan penggunaan lampu sein warna oranye, sedangkan pada bagian grill standart dilakukan pengecatan yang menyerupai warna bodi seutuhnya.

Berlanjut untuk versi facelift, untuk versi ini sangat minim perubahan, untuk perubahannya hanya dilakukan sebatas  pada bagian lampu yang sudah menggunakan lampu Kristal bening dan penggunaan grill chrome. Bahkan pada versi ini masih belum disematkan foglamp yang sangat berguna saat cuaca berkabut da tidak bersahabat.

Sedangkan pada bagian belakang terdapat pebedaan diantara keduanya. Untuk versi facelift menggunakan stoplamp dengan bahan plastik buram yang memiliki bentuk trapezium berpadu dengan lampu rem, lampu sein dan lampu mundur di dalam satu frame. Nah ditengah bagasi terdapat emblem Toyota.
Sedangkan pada versi pre facelift menggunakan desain yang sama, adapun letak perbedaannya pada posisi lampu yang telah berpindah ke bagian area tutup bagasi.  Hal tersebut menjadikan lubang kunci bagasi menjadi bergeser ke kiri. Sedangkan logonya berada di tengah tepat di atas bagasi.

Kinerja dan Performa Mesin Toyota Soluna

Toyota Soluna menggunakan mesin 5A-FE injeksi yang berkapasitas 1.500cc / 1.5 liter. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar  93 HP/ 5.600 dan torsi yang dihasilkan mencapai 124 Nm/ 4.800 RPM yang disalurkan ke roda depan.

interior toyota soluna

Review Toyota Soluna

Spesifikasi Toyota Soluna
Mesin
: 1.5 liter 5A-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
Tenaga
: 93 HP @5.600 RPM.
Torsi
: 124 Nm @4.800 RPM.
Bore
x stroke : 78,7 mm x 77 mm.
Rasio
kompresi : 9.5:1.
Konsumsi
BBM : 10-13 km/L (dalam kota) dan 15-18 km/L (luar kota) *perkiraan
Transmisi
: Manual 5-speed dan matic 4-speed (tipe GLi), tipe XLi hanya manual.
Suspensi
: Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong.
Rival
: Hyundai Accent, Kia Sephia / Timor S515 Honda City EXi (prefacelift) ;
Suzuki Baleno 1.5 dan Honda City Type-Z.
Tahun
penjualan : 1997 – 1999 (prefacelift) 2000 – 2002 (facelift).
Kelebihan Toyota Soluna
Sangat
irit.
Akselerasi
bagus, karena body ringan.
Suspensi
empuk.
Sparepart
murah.
Perawatan
mudah.
Mesin
bandel dan tangguh.
Kekurangan Toyota Soluna
Image
taksi.
Kaki-kaki
ringkih.
Harga
jual kembali.
Body
terlalu enteng.
Kurang
stabil pada kecepatan tinggi dan mudah limbung.
Kualitas
bahan di bawah standar.
Ruang
fender terlalu sempit.
Rem
kurang pakem.

Simak juga:

Harga Toyota Soluna

Imagenya yang sangat lekat dengan Taksi mau tak mau membuat harga Soluna di pasar lokal menjadi anjlok, kebanyakan orang menjualnya dengan harga diantara Rp 35 juta-60 jutaan. Cukup terjangkau untuk sebuah sedan mungil dan irit.
 Demikianlah sedikit info tentang Kelebihan Kekurangan Toyota Soluna, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com