AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Kelebihan Dan Kelemahan Mitsubishi Lancer SL Harga Di Bawah 20 Juta

Spesifikasi Harga Mitsubishi Lancer SL Terbaru – Mobil Lancer produk Mitsubishi merupakan salah satu Mobil di era 80-an yang mempunyai kode sasis A172A. Mobil tersebut dulunya merupakan ikon mewah dari Mitsubishi dalam segmen Sedan kompak yang sering digunakan oleh para pejabat sampai pengusaha sukses. Walaupun dalam segi posisi berada di bawah Mitsubishi Galant Sigma, tetapi hingga saat ini Mobil Lancer SL masih banyak penggemar.

Mobil Mitsubishi Lancer SL hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 1981 dengan menggunakan mesin tunggal yaitu Saturn 4G33 dengan kapasitas 1.4 liter yang menggunakan bahan bakar bensin. Mesin tersebut juga digunakan oleh Mitsubishi L300. Mobil tersebut merupakan rival dari Toyota Corolla dan Daihatsu Charmant.

  mitsubishi lancer sl

Spesifikasi Mitsubishi lancer

Eksterior

Pada bagian luar, Mitsubishi lancer SL menggunakan bodi yang mengkotak dari bagian depan sampai ke ujung belakang. Desain tampilan luar memang terlihat klasik serta sangat berbeda dengan Mobil Sedan retro tahun 80-an.

Pada bagian depan, lancer SL mempunyai lmpu dengan desain yang mengkotak serta grill horizontal beraksen warna hitam dengan tambahan logo tiga berlian merah di bagian tengahnya. Selain itu juga terapat bumper yang menggunakan bahan plastik dibagian bawahnya dengan terbalut warna hitam. Pada Mitsubishi Lancer SL keluaran terahir, telah mendapatkan tambahan foglamp yang disematkan pada ujung grill disamping lampu utama.

Hal yang unik terletak pada bagian samping, yang dimana Mitsubishi lancer SL didesain berbeda dengan para pesaingnya. Untuk sisi samping terdapat garis siluet pada bagasi yang menurun ke bawah. Sebenarnya kesan unik pada lancer SL memberikan kesan yang negative karena tentu akan memakan ruang bagasi. Sementara untuk bagian roda menggunakan velg baja.

Sedangkan pada bagian belakang Mitsubishi lancer SL terdapat stoplamp yang terbuat dari bahan plastik, sedangkan untuk lampu rem diletakkan menyatu dengan lampu sein. Sementara untuk lampu mundur disematkan pada bagian bumper paling bawah, sehingga komponen tersebut kerap rusak duluan saat terjadi tubrukan dari belakang.

Interior

Pada bagian interior Mitsubishi lancer SL jangan berharap lebih akan adanya kemewahan atau fitur yang canggih. Pada Mobil Sedan 80-an hal tersebut meruakan ekspektasi yang terlalu tinggi. Sementara Lancer SL hanya dibekali dengan fitur head unit stereo dan fitur AC saja. Untuk fitur lainnya masih serba manual seperti misalnya kaca harus dibuka atau ditutup menggunakan engkol serta belum disematkan fitur power steering. Hal yang menjadi kelebihan Mitsubishi lancer SL adalah desain dasbor yang mempunyai kualitas super rapi serta ruang kabin yang luas di kelasnya.

interior mitsubishi lancer sl

Performa mesin

Pada bagian mesin Mitsubishi Lancer SL menggunakan mesin karburator dengan kapasitas 1.4 L atau setara dengan 1.400 cc SOHC yang juga digunakan pada mesin L300 Versi pertama. Dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 84 Hp/ 6.000 Rpm dan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 117 Nm/ 3.800 Rpm. Satu hal yang cukup disayangkan mengingat varian mesin untuk market Asia Tenggara khususnya Indonesia ini adalah mesin yang digunakan pada Mitsubishi Lancer Gen1. Masih mengandalkan 8 katup sedangkan untuk market Jepang dan Amerika yang juga bermesin 1.4 liter mengadopsi mesin 4G12 yang lebih bertenaga dan sudah 12 katup.

mesin lancer sl

Baca juga: Mitsubishi Lancer DanGan Mobil Sedan Kompak Populer

Review Mitsubishi lancer SL

Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL Mesin : Saturn 4G33 karburator 1.4 liter (1400cc).

Konfigurasi : 4 silinder segaris 12 katup SOHC.

Tenaga : 84 HP @6.000 RPM.

Torsi : 117 Nm @3.800 HP.

Bore x stroke : 73 mm x 86 mm.

Rasio kompresi : 9:1.

Konsumsi BBM : 8-11 km/L (dalam kota), 10-13 km/L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang Rigid Axle.

Rival : Toyota Corolla DX dan Daihatsu Charmant.

Tahun Penjualan : 1981 – 1983.

 

Kelebihan Mitsubishi Lancer SL Akselerasi kuat di gigi 3 dan 4.

Mesin minim perawatan.

Body shape sangat klasik.

Harga sparepart murah.

Sudah dibekali tilt steering.

Kelemahan Mitsubishi Lancer SL Body rentan keropos.

Tidak ada fitur kelistrikan untuk ruang kabin.

Belum power steering.

Rem kurang pakem.

Akselerasi boyo untuk gigi 1 dan 2.

Beberapa part body mulai langka.

Bantingan suspensi sangat keras.

Harga Mitsubishi Lancer SL

Daftar harga dari Mobil Sedan kompak Lancer SL terbilang sangat murah, karena harganya dibandrol di bwah Rp 20 juta pasaran Mobil bekas dan second. Berikut daftarnya.

    Tahun 1981 : 15 Juta.

    Tahun 1982 : 17 Juta.

    Tahun 1983 : 20 Juta.

Simak juga: Harga Mitsubishi Lancer Evo 3 CB2/CB4/CB5

Demikianlah informasi tentang review keunggulan dan kekurangan Mobil Lancer SL, semoga bermanfaat dan berguna bagi semuanya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com