Home / Modifikasi / 7 Komponen Untuk modifikasi Motor Cross Yang Perlu Diperlukan

7 Komponen Untuk modifikasi Motor Cross Yang Perlu Diperlukan

Ketahui Komponen untuk modifikasi Motor Cross bagi Motor Anda – Bagi pecinta Motor Cross pasti menginginkan untuk memiliki motorcross yang banyak. Tapi bila Anda tidak mempunyai Motor cross tapi ingin memilikinya mungkin bisa melakukan berbagai cara supaya dapat memiliki Motor cross sendiri sebagai latihan di arena pribadi misalkan sawah atau tempat khusus untuk latian. Nah untuk itu kali ini akan diberikan tips modifikasi Motor biasa menjadi Motor cross.

Nah bagi para bikers yang ingin mempunyai Motor cross tetapi budget yang dimilikinya tidak cukup kalau untuk membelinya maka bisa diakali dengan memodif Motor pribadinya. Dengan melakukan modifikasi sepeda Motor pribadi bisa dibuat untuk ajang latihan.

Komponen Untuk modifikasi Motor Cross Yang Perlu Diperlukan

Untuk modifikasi Motor menjadi layaknya Motor cross kali ini menggunakan merek Suzuki khususnya tipe RGR 150 atau RU 120.lantas apa sajakah yang harus dilakukan modifikasi supaya bisa seperti leyaknya Motor cross.

Simak juga: Merawat Motor Modifikasi Dengan Mudah

Komponen Untuk modifikasi Motor Cross

  1. Setang

Salah satu yang harus dimodifikasi adalah setang yang merupakan bagian depan dari sepeda Motor. Untuk komponen ini Anda bisa melakukan pergantian dengan setang Motor cross yang ringan, karena dengan bobotnya yang enteng bertujuan  agar lebih ringan saat melewati jalanan yang tidak rata. Untuk bahannya pilihlah yang kuat dan tidak mudah bengkok, apalagi sepeda Motor yang digunakan untuk Motor cross kebanyakan sering jatuh saat melewati medan yang agak sulit.

  1. Hand Guard

Masih pada bagian depan Motor, yang dimana komponen hand guard sangatlah penting. Komponen tersebut berguna untuk melindungi tangan ketika terjatuh atau supaya terhindar dari lemparan kerikil atau lumpur yang dihasilkan dari roda Motor depan.

  1. Ban Motor cross

Karena medan yang dilalui adalah jalanan yang umumnya tidak rata, maka gunakanlah ban khusus Motor Cross. Biasanya kebanyakan orang menyebutnya ban tahu karena ban tersebut berbentuk kotak-kotak. Adapun bentuk ban Motor cross dibuat sedemikian rupa supaya dapat melintasi jalanan tanah yang akan dilaluinya.

  1. Spakbor/ spatbor

Untuk merubah bodi khususnya pada bagian spakbor, bisa dilakukan pergantian dengan spatbor model motorcross yang banyak dijual di toko otomotif terdekat Anda. Adapun tujuannya adalah supaya tanah tidak nyiprat kesela-sela roda dan spakbor. Kelebihan spakbor Motor cross adalah bahannya yang lentur dan tidak mudah patah.

  1. Chain Guard

Komponen ini biasanya terletak pada bagian depan gir belakang. Anda bisa membeli dan memasangnya sebagai sparepart tambahan. Adapun fungsi Chain Guard adalah sebagai pelindung rantai supaya tidak lepas ketika sepeda Motor digeber pada jalanan yang tidak rata. Karena medan yang dilalui Motor cross biasanya tidak rata dan naik turun.

  1. Stopper

Adapun komponen ini biasanya seperti pentil  ban dalam. Adapun fungsinya adalah supaya ban slip ketika sepeda Motor cross melakukan traksi karena medannya yang berat.

  1. Knalpot

Nah bagi pecinta Motor cross yang memodifikasi motornya layaknya Motor cross bisa mengganti knalpotnya apabila ada budget yang cukup. Untuk knalpot pilihlah model udang supaya tidak mudah penyok atau patah ketika terjatuh. Selain itu perhatikan juga mereknya, jangan pilih murahan. Hal tersebut dilakukan supaya performa yang dihasilkan dapat maksimal.

Lihat juga: Motor Modifikasi Yamaha Jupiter Z

Demikianlah beberapa komponen yang digunakan untuk melakukan modifikasi Motor cross harian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.