AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Apakah Mobil Dilarang Memakai Lampu Utama Warna Putih?

Mobil Lampu Utama Warna Putih – Mobil merupakan kendaraan yang digunakan untuk beraktifitas baik siang atau di malam hari. Salah satu hal yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas pada malam hari adalah dengan mengganti lampu pada headlamp.

Di era sekarang banya sekali pengguna Mobil yang mengganti lampu depannnya dengan warna putih yang berbasis LED. Nah pertanyaannya, apakah hal tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan?

lampu-utama-warna-putih
Berpacu pada aturan pemerintah No.55 tahun 2012 yang dimana lampu dekat dan jauh boleh menggunakan lampu brwarna putih atau kuning muda.

Memang diperbolehkan menggunakan lampu depan warna putih, akan tetapi perlu diingat bahwa yang diperbolehkan adalah lampu yang memiliki daya pancr 12.000 candela serta arah sinar lampu utamanya tidak boleh lebih daro 0 derajat 34 menit kea rah kanan dan1 derajat 0 sembilan menit kea rah kiri.

Adapun tentang pemasangan lampunya telah dijelaskan pada pasal 70 butir (b), yang dimana pemasangannya tidak melebihi 1,3 persen dari selisih ketinggian arah sinar lampu dalam kondisi dengan muatan dan tanpa muatan.
Akan tetapi banyak yang salah dalam pemasangan lampu warna putih tersebut. Dalam arah ataupun sinarnya kadang malah menyilaukan pengendara lain.

Simak juga: Alasan Mobil Kesayangan Harus Dijual

“Lampu utama tidak boleh melebihi ketinggian 1.500 mm(1,5 meter),” kata Muslim, Kepala UP Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta kepada Liputan6.com.

Pihak Technical Support Auto2000 Agus Mustafa pun juga membenarkan. Bahwa kesalahan yang sering terjadi adalah dalam mengatur tinggi dari sinar lampu depan tersebut, alhasil pengendara lain akan terkena dampaknya karena pandangan jadi terganggu akibat silau lampu Mobil yang berpapasan.

“Nah kalau tingginya tidak sesuai sudah pasti akan menyilaukan pengendara yang berlawanan dengan kita alias lampunya ketinggian sinarnya. Apalagi lampunya tidak fokus sinarnya menyebar sangat menyilaukan,” tuturnya.

Baca juga: Proses Tilang Online Berjalan

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mobil Dilarang memakai lampu arna putih jika pengaturannya dapat menyilaukan pengendara lain. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang tentunya lebih menarik serta kaya akan informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com