AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Langkah Aman saat ban Pecah di tengah jalan

Ban tiba-tiba meletus di tengah jalan saat kendaraan melaju memang merupakan hal yang tidak diinginkan, Akan tetapi bagaimana jika itu terjadi. Pecah ban adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, penyebab ban tiba-tiba meletus juga beragam misalkan tekanan udara di dalam ban kurang atau tertusuk benda tajam.

Ban tiba-tiba meletus memang tidak bisa diprediksi kapan dan tempat dimana akan terjadi. Akan tetapi langkah aman yang harus dilakukan bila terjad hal pecah ban perlu diketahui setiap pengemudi oleh sebab itu memilih ban juga harus teliti. Lalu apa yang harus dilakukan saat ban meletus ditengah jalan?

Langkah Aman saat ban meletus di tengah jalan

Langkah Aman saat ban meletus di tengah jalan

1. Untuk langkah pertama yang dilakukan adalah tetap dalam keadaan tenang. Mengontrol tubuh kita agar tetap tenang karena panik justru menjadikan seseorang melakukan hal yang membahayakan.

2. Nyalakan lampu hazard sambil mengarahkan kendaraan Anda seperti Mobil ke bahu jalan apabila sedang berada di jalan tol.

3. Biarkan Mobil tetap melaju sambil mengarahkannya ke tepi tanpa menekan pedal gas sampai kendaraan berhenti.

4. Fokus dalam mengendalikan Mobil sambil mengurangi kecepatan dengan melepas pedal gas secara perlahan dan dibantu menggunaan engine brake  untuk menahan laju Mobil sampai kecepatan rendah.

5. pada saat ban pecah di bagian depan, maka peril dilakukan counter steering. Misalkan pecahnya dibagian kiri maka keadaan setir akan berat ke kiri, maka arahkanlah ke kanan hingga stabil arah lajunya, begitu juga sebaliknya.

6. Penggunaan rem memang diperlukan, akan tetapi tidak boleh dilakukan secara mendadak. Karena pada saat menekan rem secara mendadak maka bobot Mobil akan berpindah kedepan dan setir akan menarik kea rah ban pecah sehingga bisa saja mengakibatkan Mobil terbalik.

7. setelah sampai di tepi jalan, anada bisa mengganti ban yang pecah atau meminta bantuan pada bengkel terdekat. Baca juga: Kesalahan Pengemudi Saat Mengendarai Mobil

Demikianlah sedikit info tentang Langkah yang tepat saat ban Pecah di tengah jalan, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com