Home / Berita / Apakah Penting Memanaskan Mesin Mobil dan Motor Dipagi Hari

Apakah Penting Memanaskan Mesin Mobil dan Motor Dipagi Hari

Memanaskan mesin Mobil dan Motor dipagi hari merupakan sebuah rutinitas yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun apakah mereka tahu tentang manfaatnya atau gimananya atau hanya sekedar ikut-ikutan orang lain. Adapun tujuan memanaskan mesin kendaraan dipagi hari adalah untuk membuat mesin Motor atau Mobil bekerj apada suhu 80 sampai 90 derajat. Selain hal tersebut, tujuan lainnya adalah agar oli yang berfungsi sebagai pelumas bisa bersirkulasi dengan baik.

Akan tetapi kebanyakan orang jadi salah kaprah, hal yang bertujuan untuk memanaskan mesin kendaraa malah dihidupkan dalam putaran tinggi. Untuk idealnya dalam melakukan pemanasan mesin Mobil dan Motor dipagi hari dalam kondisi stasioner atau handle gas tidak dilakukan pemutaran. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi saat ini yang menggunakan fuel injection, apakah masih penting dilakukan pemanasan mesin kendaraan dipagi hari?
Dengan adanya penggunaan sistem kontrol elektronik, maka dalam segala kondisi kebutuhan bakr sudah diatur. Jadi sebenarnya pemanasan kendaraan di pagi hari tidak begitu penting untuk dilakukan. Apabila masih ingin melakukan pemanasan mesin Mobil atau Motor, maka lakukanlah 1 menit saja. Apabila dilakukan lebih dari 1 menit maka dapat menimbulkan dampak yang tidak baik.

Masih Perlukah Memanaskan Mesin mobil dan Sepeda Motor

Pada saat kondisi stasioner, maka mesin akan tetap mengkonsumsi bahan bakar. Jadi BBM akan terbuang tercuma bila terlalu lama memanaskan kendaraan Anda. Selain itu terdapat juga hal yang lebih berbahaya, yaitu gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot bisa mengandung gas berbahaya seerti Co2, Nox dan HC. Jadi ketika Anda memanaskan mesin Mobil atau Motor injeksi Anda dalam waktu yang lama, sedangkan kendaraan Anda dalam posisi tidak berjalan atau diam di tempat, maka hal tersebut bisa mneghasilkan ruangan Anda dipenuhi dengan gas beracun. Apalagi Anda dalam melakukan pemanasa Mobil dalam keadaan ruangan tertutup, tentu akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Untuk Mobil biasanya telah terdapat indikator suhu yang letaknya di bagian dasbor, yang dimana ketika suhu mesin sudah pas maka kendaraan Anda telah siap digunakan. Untuk kesiapan Mobil biasanya jarum telah berada ditengah. Pada umumnya untuk menjadikan jarum pengatur suhu berada di tengah hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja setelah menghidupkan mesin.

Baca juga: Penyebab Overheat dan cara mengatasinya

Sekarang sudah tahu kan tentang memanaskan mesin Mobil dipagi hari begitu juga dengan motor. Jadi jangan hanya ikut-ikutan tetangga sebelah, pastinya Anda harus lebih tau manfaat serta bahayanya.