AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Membayar Pajak Lewat ATM Untuk Mobil dan Motor Dengan E-Samsat

Membayar pajak Lewat ATM – Pajak Mobil atau Motor merupakan pengeluaran tahunan yang harus dikeluarkan pemiliknya. Untuk melakukan pembayaran pajak Motor ataupun Mobil harus meluangkan waktu sehari untuk pergi ke Samsat dan melakukan pembiayaan terhadap pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

Akan tetapi semakin berjalannya waktu, kemudahan telah dilahirkan yang dapat meringankan para pembayar wajib pajak kendaraan bermotor. Seperti layanan paling baru yang lahir pada tanggal 22 Juni kemarin yaitu layanan e-Samsat. Jadi layanan tersebut memudahkan pemilik kendaraan untuk membayar wajib pajak  tahunan Mobil dan Motor cukup dengan menggunakan mesin ATM (Membayar pajak Lewat ATM).

Membayar pajak Lewat ATM

Sumber Gambar: Otomania.com

Dikutip dari NTMC Korlantas Polri, (12/7/2016), layanan itu digulirkan dengan syarat, wajib pajak harus memiliki rekening Bank DKI. Lalu, nama di nomor rekening harus sama dengan pemilik kendaraan yang tertera pada STNK.

Menurut Kepala Seksi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Tartono, e-Samsat hanya bisa dipakai untuk mengurus pajak satu tahunan saja. Pembayaran dilakukan ATM Bank DKI, lalu masuk ke pilihan menu ”pembayaran”.

Lihat juga: Perbedaan Toyota avanza E, G dan veloz

Setelah melakukan langkah tersebut, maka pilih layanan “PKB/STNK”. Sistem pada ATM akan memberikan kolom agar para pembayar pajak memasukkan nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang ingin dibayar pajaknya. Setelah itu ikuti saja perintah selanjutnya sampai pada transaksi pembayaran. Selanjutnya Anda wajib memasukkan jumlah yang akan dibayar serta menyimpan struk, jangan sampai hilang.

Catatan: Struk pembayaran yang didapat dari mesin ATM tersebut harus dibawa ke kantor Samsat supaya dilakukan pengesahan STNK. Nah untuk wilayah Jakarta, kantor samsat telah dilengkapi loket khusus bagi pembayar pajak yang membayar lewat ATM atau e-Samsat.

Ingat!

Pembayar pajak yang telah membayar lewat e-Samsat diharap jangan menunda untuk membawa ke Samsat lebih dari 3 hari. Karen apabila hal tersebut terjadi, maka wajib pajak harus membuka blokir terlebih dahulu baru bisa dilakukan Pengurusan pengesahan.

Baca juga: Daftar Harga Helm NHK Full face All Model dan tipe

Layanan terbaru e-Samsat hanya bisa digunakan untuk membayar biaya pajak pokok saja, sedangkan untuk denda harus dilakukan langsung di kantor samsat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com