AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Membuka Baut Mur atau Sekrup Yang Gundul Dengan Mudah

Cara membuka baut yang gundul – Baut merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mengunci suatu benda agar tidak lepas. Baut senidri biasanya berpasangan dengan mur, akan tetapi kadang kala mur telah terpasang pada benda yang akan dihubungkan dengan baut hanya dilubangi dengan sudah terdapat alur untuk baut. Lantas bagaimana jika baut dol atau keras?

Apabila terjadi baut dol ataupun keras sehingga sulit untuk diputar menggunakan kunci, pastinya akan membuat pusing siapa saja yang ingin membukanaya. Apalagi keadaan baut telah berkarat Karen tidak dilakukan perawatan. Loh kok perawatan, apakah baut juga harus dirawat?

  cara membuka baut yang slek pada motor

Cara merawat baut memang terdengar sepele, akan tetapi supaya menjaga kesehatan dari komponen baut supaya pada saat ingin membuka tidak terjadi karatan, dol atau slek serta agar mudah dilepas.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Secara Kredit Agar Tidak Kecewa

Cara merawat baut dan mur yang benar

Untuk melakukan perawatan pada baut supaya tidak karatan dan keras bisa dilakukan dengan cara melakukan pengelapan setelah dilakukan pencucian atau terkena air. Selain itu ketika telah lama menempel dan jarang dibuka, sebaiknya diberi pelumas agar karat tidak menempel seperti minyak kelapa atau minyak kayu putih. Untuk yang lebih simple lagi bisa menggunakan oli.

Nb. Komponen baut dan mur apabila asli bawaan pabrik tidak akan mudah berkarat, tetapi kemugkinan keras dan suliot dilepas.

Apabila membuka baut dengan keadaan telah berkarat, memang bisa membuat pusing. Dan jalan satu-satunya adalah dengan memberi bahan kimia atau dengan  meneteskan minyak dengan merek cap 1001 yang dapat mengurangi macet/ kerasnya baut ketika dibuka, walaupun tidak seampuh menggunakan penetrating oil.

Mur dan baut atau sekrup memang paling banyak terdapat pada benda seperti Mobil, Motor, mesin atau barang elektronik lainnya. Komponen yang dirakit biasanya menggunakan baut dan mur atau sekrup. Hal yang sangat menjengkelkan adalah ketika ingin memperbaiki benda tapi terdapat sekrup yang macet, pastinya bikin pusing. Lantas bagaimana cara membuka baut yang slek atau keras saat dibuka.

Simak juga: Tips Merawat Pedal Kopling Mobil Supaya tidak Berat

Untuk membuka baut mur atau skrup yang macet memerlukan tehnik khusus serta cara yang benar supaya dapat dibuka. Melakukan pelepasan baut dengan cara yang salah membuat baut dan mur akan gundul, dan hal tersebut akan lebih menyulitkan saat membukanya. Nah bagi Anda yang sedang mengalami hal tersebut bisa dilakukan dengan tips di bawah ini.

cara membuka baut yang gundul

Cara Mudah Membuka Baut dan Mur Keras dan Gundul tanpa Obeng

Gunakan kunci sok atau kunci ring segi enam “jangan pake yg gerigi”

Jika memungkinkan sambung kunci agar lebih panjang.

Beri sedikit pukulan atau hentakan ketika membuka.

Untuk Baut Jika terlampau keras, pukul dulu sedikit kepala baut.

Lihat juga: Mesin Motor Cepat panas, Periksa Komponen berikut

Cara Membuka Baut dol dan Mur Seret Karatan

Basuh pake Minyak rem atau Penetrating Oil jika drat karatan

Basuh pake air jika kotor oleh debu dan tanah kering.

Buka Baut atau mur dgn gerakan bolak-balik putaran.

Cara Membuka Baut dan Mur Slek Tidak Mau Keluar karena karatan

Buka baut atau mur sambil di congkel pake obeng

Congkel dulu baut / mur pake obeng agar terangkat lalu coba buka sambil obeng dicongkelkan terus.

cara membuka baut yang slek pada motor tanpa obeng

Cara Membuka Sekrup Keras / Macet atau dol

Gunakan Obeng ketok

Pukul dulu sekrup menggunakan mata obeng dan palu agar lebih tertancap.

Simak lainnya:  Tips Perawatan Kampas Rem pada Motor Supaya Awet

Demiukainlah tips membuka baut yang gundul, semoga bermanfaat dan bisa memecahkan masalah bagi anda yang sedang mengalami hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com